FOLLOW US:


Kunci Sukses Chelsea-nya Tuchel Menurut Eks Asisten Sarri: Gabungan Tua dan Muda

01-06-2021 16:12

 | Asad Arifin

Kunci Sukses Chelsea-nya Tuchel Menurut Eks Asisten Sarri: Gabungan Tua dan Muda
Selebrasi pemain Chelsea bersama trofi Liga Champions 2020-2021. © AP Photo

Bola.net - Legenda Chelsea, Gianfranco Zola, mengungkap satu kunci sukses di balik sukses The Blues pada era Thomas Tuchel. Menurutnya, Tuchel membuat kombinasi yang tepat antara pemain muda dengan pemain senior.

Kiprah Chelsea pada musim 2020/2021 ini mendapat banyak kritik pada awal musim. Akan tetapi, pada akhir musim, situasi berbalik. Chelsea banjir pujian usai sukses juara Liga Champions.

Momen yang menjadi titik balik langkah Chelsea terjadi pada Januari 2021. Kala itu, Chelsea memecat Frank Lampard dan menunjuk Thomas Tuchel untuk jadi manajer baru. Dari situ, segalanya berjalan positif untuk The Blues.

1 dari 2

Kunci Sukses Chelsea

Gianfranco Zola, yang menjadi asisten manajer Chelsea pada era Maurizio Sarri, melihat Tuchel punya kelebihan khusus. Tuchel dinilai mampu membuat kombinasi yang tepat dengan pemain yang bukan pilihannya.

"Saya pikir salah satu pilar keberhasilan Chelsea adalah Tuchel mampu menggabungkan pemain muda berbakat dengan pemain yang lebih berpengalaman," kata Zola dikutip dari Metro.

"Saya yakin ini adalah perpaduan yang sangat bagus. Anda harus memiliki keduanya karena keduanya saling mendorong," katanya.

Tuchel memberi ruang yang lebar untuk pemain muda. Kai Havertz, Mason Mount, dan Reece James adalah contohnya. Tuchel pun tetap percaya pada pemain senior. Thiago Silva dan Cesar Azpilicueta adalah contohnya.

2 dari 2

Peran Thiago Silva

Zola secara khusus memuji peran yang dimainkan Thiago Silva di Chelsea. Silva datang pada usia yang tidak lagi muda. Akan tetapi, secara teknis, dia bisa diandalkan. Begitu juga dari sisi non-teknis.

"Thiago Silva, saya tidak mengenalnya secara pribadi, tetapi saya dapat melihat cara dia berperilaku di lapangan dan cara dia bermain, dia pasti sangat penting bagi para pemain muda, dalam hal menjadi teladan dan cara untuk bertingkah laku. lapangan," kata Zola.

Chelsea dikabarkan telah mengajukan perpanjangan kontrak pada Silva. Sang pemain tidak keberatan untuk meneken kontrak baru berdurasi 12 bulan. Hanya menunggu pengumuman resmi dari klub saja.

Sumber: Metro