FOLLOW US:


Lima Bek Dengan Rapor Apik di Premier League Musim ini, Ada Van Dijk, tak ada Maguire

15-01-2020 01:28

 | Dimas Ardi Prasetya

Lima Bek Dengan Rapor Apik di Premier League Musim ini, Ada Van Dijk, tak ada Maguire
Bek Manchester United, Harry Maguire. © AP Photo

Bola.net - Ada lima bek yang tampil impresif di pentas Premier League musim 2019-20 ini, termasuk Virgil van Dijk namun tak ada nama Harry Maguire.

Harry Maguire merupakan bek termahal di dunia. Pemain Inggris tersebut memecahkan rekor transfer senilai 80 juta pounds (Rp1,3 triliun) saat pindah ke Manchester United dari Leicester City pada musim panas 2019 kemarin.

Namun, pembelian setinggi langit itu tidak sesuai dengan ekspektasi di lapangan. Defender berusia 26 tahun malah tampil inkonsisten.

Ia hanya membuat 38 interseps, 24 tekel, dan empat kali clean sheet. Gawang Manchester United juga telah bobol 25 kali.

Performa Harry Maguire yang inkonsisten juga seiring dengan kinerja Manchester United. Klub berjuluk Setan Merah tersebut tampil bak rollercoaster.

Manchester United kerap tampil menjanjikan saat menghadapi klub Big Six. Namun, terkadang performa MU berubah 180 derajat alias melempem kala berjumpa tim medioker.

Performa Harry Maguire yang memiliki nilai transfer mahal ternyata kalah dibandingkan lima bek ini. Berikut para defender yang punya rapor apik di Premier League musim 2019-2020, seperti dilansir Sportskeeda, Selasa (14/01/2020).

1 dari 5

Virgil van Dik

Virgil van Dijk menjelma menjadi bek terbaik dunia saat berseragam Liverpool. Selain itu, pemain Belanda tersebut juga sempat memecahkan rekor transfer bek musim lalu.

Liverpool mengamankan tanda tangan Van Dijk dari Southampton dengan nominal 75 juta pounds (Rp1,3 triliun) pada Januari 2018. Kualitas Van Dijk berhasil membawa Liverpool meraih juara Liga Champions 2018-2019.

Musim ini, Virgil van Dijk juga berjasa dalam laju tak terkalahkan Liverpool di Premier League. The Reds duduk di peringkat pertama dengan keunggulan 14 poin atas Manchester City di peringkat kedua.

Total Virgil van Dijk telah membuat 14 tekel, 22 intersep, 99 clearances, 16 blok, dan menang dalam 101 duel udara di Premier League musim ini.

2 dari 5

Caglar Soyuncu

Leicester City secara mengejutkan tampil gemilang di Premier League musim ini. The Fox menghuni peringkat ketiga klasemen sementara.

Kegemilangan Leicester City tidak lepas dari kontribusi Caglar Soyuncu. Ia menjadi pengganti yang pas buat Harry Maguire yang hijrah ke Manchester United.

Caglar Soyuncu sejauh ini mencatatkan 33 tekel, 28 intersep, 103 clearances, 27 block. Defender asal Turki ini juga 57 kali memenangi duel udara.

3 dari 5

Trent Alexander-Arnold

Trent Alexander-Arnold memainkan peran penting saat Liverpool melakukan comeback dramatis melawan Barcelona pada semifinal Liga Champions musim lalu. Penampilan bek Inggris itu juga semakin meningkat di bawah asuhan Jurgen Klopp.

Berposisi sebagai bek kanan Alexander-Arnold membuat 26 tekel, 28 intersep, 45 clearances, 27 block, dan menang dalam 9 duel udara. Hebatnya lagi ia juga mampu memberikan kontribusi besar saat menyerang.

Alexander-Arnold juga berperan dalam laju tak terkalahkan Liverpool di Premier League musim ini. Ia juga baru saja dinobatkan sebagai pemain terbaik EPL untuk bulan Desember 2019.

4 dari 5

Ricardo Pereira

Ricardo Pereirra menjalani musim yang mengesankan bersama Leicester City musim ini. Lini pertahanan yang ia jaga sementara hanya bobol 21 kali.

Koleksi tersebut menjadikan Leicester City tim yang sedikit kebobolan nomor dua bersama Sheffield United. Mereka hanya kalah dari Liverpool yang baru kebobolan 14 gol.

Ricardo Pereira sejauh ini mencatatkan 83 tekel, 38 intersep, 58 clearances, dan 31 kali memenangi duel udara.

5 dari 5

Enda Stevens

Enda Stevens menjadi bagian dari performa mengejutkan Sheffield United musim ini. Berstatus tim promosi, Sheffield sempat berada di posisi empat besar di awal musim.

Kini Enda Stevens dkk menempati urutan kedelapan, unggul dua poin atas Arsenal yang menempati urutan kesepuluh.

Enda Stevens mengukir 48 tekel, 24 intersep, 32 clearance, 21 block, dan menang dalam 16 duel udara. Ia juga membukukan satu gol dan dua assist.

Sumber Asli: Sportkeeda
Disadur dari: Bola.com/Penulis Hanif Sri Yulianto/Editor Yus Mei Sawitri
Published: 14 Januari 2020