FOLLOW US:


Liverpool vs Manchester United: Solskjaer Kalah Telak dari Klopp

14-01-2021 19:57

 | Serafin Unus Pasi

Liverpool vs Manchester United: Solskjaer Kalah Telak dari Klopp
Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer. © AP Photo

Bola.net - Pekan ke-18 Premier League 2020/2021 bakal dibumbui dengan laga sarat gengsi antara Liverpool dan Manchester United. Pertandingan ini akan dihelat di Anfield pada Minggu (17/01) malam WIB.

Pertandingan ini tak sekadar bakal menjadi ajang adu skill pemain kedua tim. Laga ini juga akan menjadi arena adu strategi bagi dua pelatih papan atas di Premier League saat ini, Ole Gunnar Solskjaer dan Jurgen Klopp.'

Klopp sukses membawa Liverpool menjuarai Premier League pada musim lalu. Sementara, kendati tertatih, Solskjaer berhasil membawa armada Setan Merah memuncaki klasemen sementara Premier League saat ini.

Bagaimana catatan-catatan kedua pelatih tersebut jelang pertemuan mereka? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 3

Solskjaer Kalah Pengalaman

Jika memang harus diperbandingkan, pengalaman Solskjaer sebagai pelatih kalah jauh dari Klopp. Klopp pertama kali terjun ke dunia kepelatihan pada 2001, ketika menangani 1.FSV Mainz 05. Waktu Klopp meretas karier sebagai pelatih, Solskjaer masih berstatus sebagai pemain Manchester United.

Solskjaer baru terjun ke dunia kepelatihan pada 2007. Waktu itu, ia berstatus sebagai pelatih bagi barisan penyerang Manchester United.

Sampai saat ini, Klopp sudah melakoni 877 pertandingan. Sementara, Solskjaer 'baru' melakoni 414 pertandingan sebagai pelatih, kurang dari separuh pengalaman koleganya tersebut.

2 dari 3

Klopp Unggul Statistik PPM

Untuk urusan rataan point per match (PPM) atau raihan poin per pertandingan pun, Solskjaer harus menjura kepada Klopp. Rataaan PPM pelatih asal Norwegia ini kalah tipis dibanding seniornya tersebut.

Sepanjang karier kepelatihannya, Klopp meraih 1602 poin, hasil dari 467 kemenangan, 201 kali hasil imbang, dan 209 kekalahan. Rata-rata, tiap pertandingan, pelatih asal Jerman ini mendapat 1,8266 poin.

Sementara, dari 414 pertandingan yang sudah dilakoninya sebagai pelatih, Solskjaer meraih 756 poin. Poin ini hasil 227 kemenangan, 75 hasil imbang, dan 112 kali kekalahan. Rata-rata, dalam tiap pertandingan, Solskjaer mendapat 1,8260 poin.

Dalam aspek rataan poin per pertandingan di klub terakhir pun Klopp unggul. Ia mendapat 592 poin dari 290 pertandingan. Rataan poin per pertandingan Klopp bersama The Reds adalah 2,04.

Sementara, di Manchester United, Solskjaer mendapat 226 poin dari 118 pertandingan. Rataan poin per pertandingannya bersama Setan Merah adalah 1,91.

3 dari 3

Solskjaer Tak Pernah Menang Lawan Klopp

Pertemuan akhir pekan ini bukan pertama kalinya Solskjaer dan Klopp bersua. Hasilnya, pelatih berusia 47 tahun tersebut tak pernah sekalipun meraih kemenangan.

Dari tiga pertemuan sebelumnya, Solskjaer hanya bisa meraih dua kali hasil imbang dan sekali kalah.

Sementara, catatan Solskjaer menghadapi Liverpool pun tak setali tiga uang. Dalam empat kali pertandingan, ia meraih dua kali hasil imbang dan dua kali kalah.

Di sisi lain, catatan Klopp kontra United lebih mengkilap. Dalam sebelas kali pertemuan dengan Setan Merah, pelatih berusia 53 tahun ini meraih tiga kali kemenangan, enam kali imbang, dan hanya kalah dua kali.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)