Manchester City di Musim 2021/22: Mental dan DNA Juara Memang Tidak Bisa Bohong

Serafin Unus Pasi | 25 Mei 2022 07:08
Manchester City juara Premier League 2021-22 (c) AP Photo

Bola.net - Gelaran Premier League musim 2021/22 telah resmi berakhir. Kasta tertinggi sepakbola Inggris itu memainkan pertandingan terakhir mereka di pekan kemarin.

Sejak musim dimulai, Manchester City menjadi salah satu tim yang diperhitungkan sebagai calon kuat juara. Ini dikarenakan tim besutan Pep Guardiola itu berstatus sebagai juara bertahan.

Jika di musim 2020/21 kemarin, City cukup nyaman untuk memenangkan gelar EPL. Mereka unggul telak dari para rival mereka, di musim ini The Citizens mendapatkan perlawanan yang sengit dari Liverpool.

Saking sengitnya, penentuan juara EPL baru bisa dilakukan di pekan ke-38 yang notabene merupakan pertandingan terakhir di musim 2021/22.

Bagaimana performa City selama musim 2021/22 ini? Mari simak ulasannya di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Mental Juara Tidak Bohong

Skuat Manchester City merayakan gol Raheem Sterling ke gawang Newcastle di Etihad Stadium, Minggu (08/05/2022) malam WIB. (c) AP Photo

Mengawali musim 2021/22, Manchester City mendapatkan hasil yang mengejutkan. Mereka kalah dengan skor 1-0 dari Tottenham di partai pembuka.

Setelah kekalahan itu, City langsung bangkit. Mereaka tidak terkalahkan hingga pekan kesembilan, sebelum mereka kalah di pekan ke-10 melawan Crystal Palace dengan skor 2-0.

Setelah itu, City meraih streak 12 kemenangan beruntun yang membuat mereka memuncaki klasemen sementara EPL di pekan ke-15 dan posisi itu tidak berubah.

Performa City sempat mengalami masa turbulensi, di mana mereka tiga kali ditahan imbang dan kalah satu kali sehingga jarak poin mereka dengan Liverpool yang semula sangat jauh menjadi lebih dekat. Di pekan ke-37 langkah mereka menjadi juara tersendat karena mereka ditahan imbang oleh West Ham. Jadi penentuan juara harus dilakukan di pekan ke-38.

City yang berhadapan dengan Aston Villa dikejutkan dengan dua gol sang tamu. Namun tertinggal 2-0, City berhasil menunjukkan mental juara mereka dengan comeback dengan skor 3-2 sehingga mereka memastikan diri menjadi juara EPL 2021/22.

City menutup musim dengan raihan 93 poin, menang 29 kali, imbang enam kali dan kalah tiga kali. Mereka mencetak total 99 gol dan kebobolan 26 gol saja, dan catatan impresif ini menunjukkan bahwa City memang layak menjadi kampiun EPL musim ini.

2 dari 5 halaman

Pemain Terbaik City

Selebrasi Kevin De Bruyne usai mencetak gol di laga Manchester City vs Real Madrid, Liga Champions 2021/22 (c) AP Photo

Jika bicara siapa pemain terbaik Manchester City musim ini, maka sosok itu tidak bisa dilepaskan dari Kevin De Bruyne.

Kapten City itu menunjukkan peran yang besar di musim ini. Ia hanya tampil 30 kali di skuat City musim ini karena cedera, namun kontribusinya sungguh terasa.

Ia mengemas total 15 gol dan delapan assist bagi The Citizens. Tidak ada pemain City yang membuat gol dan assist sebanyak itu di EPL musim ini, jadi Pemain 30 tahun itu layak menjadi pemain terbaik City di musim ini.

3 dari 5 halaman

Pemain Terburuk City

Benjamin Mendy (c) AFP

Secara garis besar performa seluruh pemain Manchester City di musim 2021/22 ini sungguh gemilang. Namun jika harus memilih satu pemain terburuk mereka, maka pemain itu adalah Benjamin Mendy.

Ya, Mendy musim ini hanya bermain satu kali saja bagi City. Karena ia seperti musim lalu masih rentan terkena cedera.

Situasi ini diperparah dengan ia tersandung kasus hukum, di mana ia terlibat dalam sembilan kasus pemerkosaan. Jadi ia benar-benar jadi noda dari skuat gemilang City musim ini.

4 dari 5 halaman

Menuju Gelar Kesembilan

Manajer Manchester City, Pep Guardiola mencium trofi Premier League 2021-22 (c) AP Photo

Dengan performa mereka musim ini, Manchester City masih menjadi tim yang paling diunggulkan untuk menjadi juara EPL di musim 2022/23 mendatang.

Bahkan The Citizens rasa-rasanya tidak akan kesulitan menyabet semua gelar domestik yang ada di Inggris. Namun tantangan dan obsesi terbesar mereka ada di Eropa.

Pep mungkin sudah memenangkan semua trofi bersama City. Namun ia belum pernah mengangkat trofi UCL bagi The Citizens. Jadi Pep bakal penuh dengan ambisi untuk menuntaskan rasa penasarannya itu di musim depan.

5 dari 5 halaman

Calon Bintang Baru

Striker Borussia Dortmund, Erling Haaland (c) AP Photo

Bursa transfer musim panas belum dibuka, namun City sudah membuat satu rekrutan super wow. Mereka mendatangkan bomber haus gol dari Borussia Dortmund, Erling Haaland.

Kedatangan Haaland ini bakal menjadikan City semakin ngeri. Mengingat City nyaris bermain tanpa striker murni di musim ini.

Namun PR besar City adalah memperkuat lini tengah mereka. Fernandinho sudah memastikan diri cabut dari Etihad Stadium, sementara Ilkay Gundogan dan Bernardo Silva dirumorkan akan menyusul.

Sejauh ini nama Kalvin Phillips menjadi pemain yang paling santer digosipkan mengisi slot Fernandinho. Sementara Frenkie De Jong dirumorkan akan jadi pengganti Ilkay Gundogan.

City juga diterpa isu akan kehilangan Raheem Sterling. Namun skuat City saat ini sangat mumpuni tanpa kehadiran Sterling, meski Sterling berjasa besar bagi tim mereka.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR