FOLLOW US:


Mandulnya Firmino di Anfield Bukan Misteri Bagi Legenda Liverpool Ini

15-01-2020 21:50

 | Dimas Ardi Prasetya

Mandulnya Firmino di Anfield Bukan Misteri Bagi Legenda Liverpool Ini
Selebrasi Roberto Firmino paska membobol gawang Tottenham © Liverpool FC

Bola.net - Legenda Liverpool John Barnes mengaku tidak sepakat dengan klaim John Aldridge terkait misteri kemandulan Roberto Firmino di Anfield.

Firmino terlihat semoncer biasanya bersama Liverpool pada musim 2019-20 ini. Sejauh ini, pemain asal Brasil tersebut baru mengemas tujuh gol di pentas Premier League.

Salah satunya ia cetak saat bermain melawan Tottenham. Gol tersebut membantu Liverpool menang tipis 0-1 atas tim asuhan Jose Mourinho tersebut.

Namun uniknya, gol itu dan semua gol Firmino lainnya tercipta di kandang lawan. Tak satu pun yang pernah tercipta di markas Liverpool sendiri yakni di Anfield.

1 dari 3

Misteri Bagi John Aldridge

Hal ini menjadi misteri tersendiri bagi John Aldridge. Namun ia juga menyebut hal ini mungkin berhubungan dengan rasa percaya diri sang pemain.

“Satu misteri bagi saya musim ini adalah performa Roberto Firmino dan golnya menambah lapisan lain pada kebingungan. Firmino masih menunggu gol pertamanya di Premier League di Anfield dan tampaknya memiliki tingkat kepercayaan yang sama sekali berbeda dalam pertandingan tandang," cetusnya pada Irish Independent.

“Ia telah muncul dengan beberapa gol paling signifikan di musim Liverpool dengan gol yang membawa kemenangan di Southampton, Chelsea dan Crystal Palace, serta mencetak gol yang mengamankan trofi Piala Dunia Antarklub FIFA," tuturnya.

2 dari 3

Bantahan Barnes

Namun ketika berbicara secara eksklusif kepada Mirror Football, John Barnes membantah klaim John Aldridge. Barnes merasa bahwa sejauh ini tak masalah jika Roberto Firmino belum bisa mencetak gol di kandang sendiri.

"Enam pencetak gol terbanyak di Premier League bukan dari Liverpool tetapi kami unggul 16 poin. Dan semoga ia lama terus tidak mencetak gol di kandang karena Liverpool [pada tingkat ini] akan memenangkan gelar juara liga dan tidak kalah dalam pertandingan, dan ia adalah faktor penting yang besar pada fakta bahwa [Sadio] Mane dan [Mohamed] Salah mencetak banyak gol," serunya pada Mirror.

"Ia adalah pemain tim yang sesungguhnya. Ia adalah pemain paling penting yang dimiliki Liverpool, dirinya dan [Virgil] van Dijk, dari sudut pandang menyerang dan juga bekerja keras dalam bertahan," ujarnya.

"Mane dan Salah adalah pemain fantastis yang mencetak banyak gol tetapi saya pikir tanpa Firmino mereka tidak akan mencetak setengah dari gol yang mereka cetak," cetus Barnes.

3 dari 3

Bukan Masalah Kepercayaan Diri

John Barnes juga menambahkan bahwa ia tak sepakat dengan John Aldridge yang mengklaim Roberto Firmino mandul di Anfield karena tak memiiki rasa percaya diri yang cukup.

"Saya tidak berpikir ia kurang percaya diri. Itu hanya salah satu hal di mana ia mencetak gol di laga tandang," seru Barnes.

"Ia adalah bagian penting dari tim yang konsisten, yang menang setiap minggu dan bermain sepakbola yang fantastis, dan Jurgen Klopp dan rekan timnya tahu betapa pentingnya dirinya, jadi saya tidak melihatnya sebagai masalah," pungkas Barnes.

(mirror)