FOLLOW US:


Setelah Perkuat Liverpool, Juventus, hingga Mitra Kukar, Mohamed Sissoko Akhirnya Pensiun

15-01-2020 03:03

 | Ari Prayoga

Setelah Perkuat Liverpool, Juventus, hingga Mitra Kukar, Mohamed Sissoko Akhirnya Pensiun
Mohamed Sissoko © LIB

Bola.net - Gelandang asal Mali, Mohamed Sissoko akhirnya memutuskan gantung sepatu alias pensiun usai kurang lebih 17 tahun berkarier di sepak bola profesional.

Sepanjang kariernya, Sissoko dikenal sebagai pengelana alias suka berpindah-pindah klub. Total, sosok yang kini berusia 34 tahun itu sudah pernah memperkuat 14 klub.

Menariknya, klub-klub yang pernah disinggahi Sissoko tersebar di seluruh dunia, mulai dari Auxerre, Valencia, Liverpool, Juventus, PSG, Shanghai Shenhua, Pune City, hingga tentu saja, Mitra Kukar.

Sissoko memutuskan pensiun usai ia tak ada klub yang mau mengontraknya musim ini. Klub terakhir yang ia perkuat adalah Sochaux.

1 dari 2

Perjalanan Karier Sissoko

Setelah mentas dari akademi Auxerre, Sissoko merantau ke Spanyol untuk menerima pinangan Valencia. Di sana, ia menahbiskan diri menjadi salah satu gelandang muda berprospek cerah.

Pada 2005 silam, Sissoko pun dibeli Liverpool dengan biaya 5,6 juta poundsterling. Setelah turut mempersembakan trofi Piala FA, Sissoko kemudian pindah ke Juventus.

Setelah itu, Sissoko tak pernah lama membela sebuah klub, paling lama adalah dua musim. Ia pun memutuskan untuk berkeliling dunia hingga meramaikan kompetisi Indonesia pada 2017 lalu.

2 dari 2

Prestasi Sissoko

Gelar juara terakhir yang pernah diraih Sissoko adalah Ligue 1 2012-13 bersama PSG. Sebelumnya, ia juga pernah meraih trofi La Liga ketika membela Valencia, yang kemudian dilengkapi dengan gelar Piala UEFA dan Piala Super Eropa 2004.

Menariknya, setahun berselang ia sukses kembali meraih trofi Piala Super Eropa bersama klub barunya, Liverpool.

Sementara itu, Sissoko mengoleksi 33 caps bersama tim nasional Mali dengan mencetak dua gol dan turut mengantar negaranya meraih gelar peringkat ketiga pada Piala Afrika 2013 silam.

Sumber: AP