FOLLOW US:


Masih Perkasa, Liverpool Bisa Pecahkan Rekor-Rekor ini di Premier League

13-02-2020 18:01

 | Dimas Ardi Prasetya

Masih Perkasa, Liverpool Bisa Pecahkan Rekor-Rekor ini di Premier League
Liverpool © AP Photo

Bola.net - Skuat Liverpool masih punya kesempatan untuk bisa memecahkan sejumlah rekor ini di pentas Premier League.

Liverpool hampir bisa dipastikan menjadi juara Premier League pada musim ini. Jika menang, mereka akan menghapuskan dahaga juara sejak 30 tahun lalu.

Saat ini Liverpool unggul 22 poin dari Manchester City yang ada di peringkat kedua. Pasukan Jurgen Klopp ini sekarang hanya butuh enam kemenangan saja untuk bisa mengunci gelar juara liga.

Akan tetapi tentu saja mereka bisa jadi juara lebih cepat lagi. Asalkan mereka tetap terus menang sementara Manchester City tumbang lagi.

Liverpool sendiri sebelumnya sudah berhasil memecahkan beberapa rekor di musim ini. Dan mereka sekarang masih punya kans untuk memecahkan beberapa rekor lagi di liga.

Seperti dilansir Sky Sports, berikut rekor-rekor yang masih bisa dipecahkan Liverpool di sisa musim 2019-20 ini.

1 dari 8

Rekor Kemenangan Beruntun Terpanjang

Rekor itu sebelumnya dipegang oleh Manchester City. Mereka mencatatkan 18 kemenangan beruntun pada musim 2017-18 lalu.

Sekarang Liverpool punya kans untuk bisa menyamai dan bahkan memecahkan rekor tersebut. The Reds sendiri terus menang sejak bulan Oktober kemarin, tepatnya setelah mereka ditahan imbang oleh Manchester United.

Sekarang Liverpool telah mencatatkan 16 kemenangan beruntun. Mereka akan bisa menyamai rekor City dalam dua laga ke depan yakni saat jumpa Norwich City dan West Ham.

Jordan Henderson dkk kemudian bisa memecahkan rekor itu di laga lawan Watford. Duel itu akan dihelat di Vicarage Road pada 1 Maret nanti.

2 dari 8

Rekor Tak Terkalahkan Terlama

Saat ini Arsenal menjadi tim dengan rekor tak terkalahkan paling lama di liga. Mereka tak pernah tersentuh kekalahan dari 49 laga, mulai dari musim 2002-03 hingga 2004-05.

Liverpool sendiri sudah tak pernah kalah lagi sejak mereka terakhir kali dibekuk Manchester CIty dengan skor 2-1 di Etihad Stadium pada Januari 2019 kemarin. Sekarang, The Reds tak pernah tersentuh kekalahan dalam 42 pertandingan di liga.

Liverpool butuh delapan laga lagi untuk bisa memecahkan rekor Arsenal itu dan jadi klub pertama yang mencatatkan 50 laga tanpa terkalahkan. Laga ke-50 itu sendiri akan bertepatan dengan laga lawan Aston Villa pada awal April.

3 dari 8

Kemenangan Terbanyak Dalam Semusim

Rekor itu saat ini masih berada dalam genggaman Manchester City. Armada Josep Guardiola mencatatkannya pada musim 2017-18 dan 2018-19.

Di kedua musim itu, City melenggang menjadi juara. Dan sekarang Liverpool punya kans untuk memecahkan rekor tersebut.

Jika bisa terus menang, termasuk di laga tandang ke markas Everton dan Man City, maka Liverpool akan memecahkan rekor kemenangan terbanyak di liga dalam semusim pada pertengahan bulan April. Tepatnya saat mereka bermain melawan Brighton.

Namun tentu saja Liverpool bisa melaju lebih kencang lagi. Jika mereka terus menang, mereka bisa mencatatkan 37 kemenangan dalam semusim.

4 dari 8

Poin Terbanyak Semusim

Rekor poin terbanyak dalam semusim saat ini masih dipegang oleh Manchester City. Mereka pernah mengoleksi 100 poin pada musim 2017-18.

Saat ini Liverpool telah mengoleksi 73 poin dari 25 laga. Jika terus menang, pasukan Jurgen Klopp akan bisa memecahkan rekor tersebut saat mereka bersua dengan Burnley di Anfield pada 25 April 2020 mendatang.

Itu artinya mereka masih menyisakan tiga laga lagi di Premier League. Liverpool bahkan bisa mempertajam rekor baru itu jika memenangi tiga laga terrsisa tersebut yakni melawan Arsenal, Chelsea, dan Newcastle United.

5 dari 8

Kemenangan Terbanyak di Laga Tandang

Lagi-lagi, rekor itu masih dipegang oleh Manchester City. Pada tahun 2017-18, mereka berhasil menorehkan 16 kemenangan di markas lawan selama satu musim.

Saat itu, pasukan Josep Guardiola cuma tiga kali saja kehilangan poin di laga away mereka. Itu artinya Liverpool hanya bisa kehilangan poin di satu laga tandang saja saat ini.

Sekarang Liverpool hanya butuh enam laga tandang lagi untuk bisa memecahkan rekor tersebut. The Reds akan memecahkan rekor itu saat mereka bertamu ke markas Arsenal pada 2 Mei mendatang.

6 dari 8

Kemenangan Kandang Terbanyak

Sekarang ini ada tiga tim yang memegang rekor kemenangan terbanyak di kandang dalam satu musim. Yang pertama adalah Chelsea musim 2005-06, Manchester United musim 2010-11 dan Manchester City pada musim 2011-12 dan 2018-19.

Mereka semuanya mengoleksi 18 kemenangan di markas sendiri selama satu musim penuh. Rekor ini, sama halnya dengan rekor kemenangan di laga tandang, sulit untuk diraih.

Namun Liverpool hanya butuh enam laga lagi untuk bisa memecahkan rekor tersebut. Dan kebetulan, The Reds akan bersua dengan Chelsea pada momen mereka bisa memecahkan rekor tersebut. Laga ini akan berlangsung pada 9 Mei.

Liverpool sendiri terakhir kali kalah di Anfield pada April 2017 silam. Saat itu mereka dijegal oleh Crystal Palace. Setelah laga itu mereka menang 43 kali dan imbang 10 kali.

7 dari 8

Waktu Terlama Tidak Terkalahkan

Rekor tersebut saat ini masih didekap oleh tim Arsenal yang legendaris. Tepatnya dari musim 2002-03 hingga musim 2004-05.

Saat itu, pasukan Arsene Wenger tak tersentuh kekalahan sama sekali di Premier League dalam kurun waktu hampir 18 bulan. Jika Liverpool bisa tetap tidak terkalahkan sampai akhir musim, tepatnya sampai mereka berduel lawan Newcastle, mereka dipastikan akan bisa mengalahkan rekor Arsenal itu secara otomatis.

Mereka akan bisa melakukannya tanpa bermain sekalipun. Sebab kompetisi akan berakhir pada 23 Juni.

Namun patut diperhatikan bahwa mungkin saja Klopp tak akan terus memainkan pasukan terbaiknya. Sebab mereka kemungkinan juga masih akan bersaing di Liga Champions dan FA Cup.

8 dari 8

Juara Liga Dengan Selisih Poin Terbesar

Liverpool saat ini 22 poin unggul dari Manchester City. Mereka akan bisa memecahkan rekor ini selama mereka hanya kehilangan dua poin saja ketimbang Manchester City dan empat poin ketimbang Leicester sebelum akhir musim.

Rekor ini sendiri sampai sekarang masih dipegang oleh Manchester City. Mereka sebelumnya menang dengan margin 19 poin dari tim di peringkat kedua pada musim 2017-18.

Liverpool sendiri, jika mereka tetap terus menang, akan bisa memecahkan rekor itu saat jumpa Manchester City pada 4 April mendatang.

Menurut Anda Bolaneters, akankah Liverpool bakal bisa memecahkan semua rekor tersebut di atas?

(sky sports)