FOLLOW US:


Menilai Performa Kepa Arrizabalaga: Memang Buruk atau Tidak Beruntung?

18-10-2020 00:30

 | Yaumil Azis

Menilai Performa Kepa Arrizabalaga: Memang Buruk atau Tidak Beruntung?
Ekspresi Kepa Arrizabalaga (tengah) saat Chelsea berhadapan dengan Southampton dalam laga lanjutan Premier League hari Sabtu (17/10/2020). © AP Photo

Bola.net - Chelsea gagal meraih kemenangan saat bertanding melawan Southampton di pentas Premier League, Sabtu (17/10/2020) malam WIB. Kendati tampil di markasnya, Stamford Bridge, the Blues hanya mampu bermain imbang 3-3.

Sang kiper, Kepa Arrizabalaga, kembali menjadi sorotan di pertandingan kali ini. Tidak bisa dimungkiri, gol terakhir yang membuat Chelsea gagal mendapatkan tiga poin dari laga kali ini, tidak bisa lepas dari kesalahannya.

Pasukan Frank Lampard tersebut sempat unggul dengan skor tipis 3-2 hingga pertandingan memasuki masa injury time. Lalu sampailah pada momen di mana pemain Southampton, Jannik Vestergaard, melepaskan tembakan dari luar kotak penalti.

Hasil tembakannya membuat bola memantul. Dengan reaksi yang tepat, seharusnya Kepa mampu mengatasinya tanpa masalah. Toh bola berada di jangkauannya. Namun yang terjadi justru ia gagal menyelamatkan gawangnya.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Kepa Kurang Beruntung

Mantan pemain Leeds United, Jermaine Beckford, masih cukup berbaik hati dalam memberikan penilaian terhadap performa Kepa. Ia menganggap mantan pemain Athletic Bilbao tersebut hanya tidak beruntung saja.

Sembari melindungi Kepa, Beckford juga menyinggung lini pertahanan Chelsea yang dianggapnya juga bertanggung jawab atas gol ketiga itu. Ia melihat Kurt Zouma dkk tidak berkordinasi dengan baik.

"Saya pikir Kepa sedikit kurang beruntung. Bola masuk melalui kerumunan orang," ujar Beckford saat menjadi pandit untuk BBC Sport.

"Theo Walcott menendang bola ke tanah dan memutarnya hingga mengubah arah bola. Mungkin dia sedikit kurang beruntung namun pertahanan Chelsea yang ini benar-benar berantakan," pungkasnya.

2 dari 2

Enggan Menyalahkan Siapapun

Sementara itu, Frank Lampard selaku pelatih Chelsea memilih untuk tidak melayangkan kritikannya kepada satu orang, baik Kepa ataupun pemain bertahannya yang lain. Sebab baginya, jika tim gagal meraih tiga poin, maka itu kesalahan satu tim.

"Anda tidak bisa memisahkan tim antara pertahanan dan penyerangan. Dalam gol pertama kami, anda harus memberi pujian kepada pertahanan dan penyerangan karena kami membawa bola dari belakang ke depan," ujarnya.

"Sama halnya saat anda membuat kesalahan dan memberikan gol secara cuma-cuma kepada lawan. Anda kebobolan sebagai sebuah tim. Keduanya punya efek langsung terhadap hasil," tutupnya.

Lini pertahanan tetap menjadi permasalahan yang harus segera diatasi oleh Chelsea dalam waktu cepat. Sebab pada hari Rabu (21/10/2020) nanti, mereka bakalan berhadapan dengan Sevilla di pentas Liga Champions.

(BBC Sport)