FOLLOW US:


Neville: Mourinho Ubah Wajah United dan Sir Alex

16-05-2017 12:40

 | Gary Neville

Neville: Mourinho Ubah Wajah United dan Sir Alex
Jose Mourinho © ManUtd

Bola.net - Gary Neville mengungkap betapa besar pengaruh musim perdana Jose Mourinho di Chelsea terhadap Manchester United dan Sir Alex Ferguson.

Musim perdana Mourinho di The Blues ditandai dengan sukses mereka memenangkan Premier League 04/05 dengan rekor 95 poin, dan hanya kemasukan 15 gol.

Neville, yang kala itu menjadi bagian dari kuartet bek MU, mengkonfirmasi bahwa ia amat khawatir dengan kekuatan dan dominasi Chelsea dan berpikir era kejayaan United sudah berakhir.

"Arsenal juara liga sebelum Jose datang. Dan saya kira itulah satu-satunya titik di karir saya, di mana saya merasa kami mungkin takkan juara lagi. Namun lebih karena Jose," tutur Neville di Sky Sports.

"Ketika ada manajer baru datang, Sir Alex akan coba mendominasi mereka, di wawancara, di pinggir lapangan. Namun dia menggunakan pendekatan berbeda dengan Jose. Saya kira dia merasa ini adalah pria yang layak sejajar dengannya."

Gary Neville dan Alex Ferguson

"Dia mengubah bagaimana Sir Alex dan mungkin kami berpikir soal gelar juara. Karena kami selalu memulai dengan lamban. Kami selalu berpikir meski kami tertinggal 7 atau 8 angka saat Natal, kami akan mengejar."

Neville kemudian mengatakan bahwa adanya ancaman dari Mourinho dan Chelsea membuat United terus menjaga fokus dari awal hingga akhir kompetisi.

"Semua orang harus kembali fokus. United saat itu memasuki masa transisi yang meragukan. Ketika Jose pergi, saya kira semua orang lega. Sir Alex akan berpikir 'Saya perlu dia pergi dari sini', karena dia memberikan kekuatan yang begitu besar pada mereka."