FOLLOW US:


Para Top Scorer Laga Liverpool Vs Manchester United di Lima Tahun Terakhir, Rashford Nomor Satu

13-01-2021 18:07

 | Serafin Unus Pasi

Para Top Scorer Laga Liverpool Vs Manchester United di Lima Tahun Terakhir, Rashford Nomor Satu
Pemain Manchester United, Marcus Rashford (kiri), merayakan golnya bersama Paul Pogba saat menghadapi Wolverhampton dalam laga lanjutan Premier League hari Rabu (30/12/2020). © AP Photo

Bola.net - Partai big match akan tersaji akhir pekan ini pada lanjutan Premier League musim 2020/21. Juara bertahan, Liverpool bakal bersua rival abadinya, Manchester United di Anfield, Minggu (17/1), pukul 23.30 WIB.

Pertemuan kedua tim yang punya sejarah rivalitas panjang ini selalu menghadirkan cerita menarik. Apalagi musim ini, Liverpool dan Manchester United bersaing sangat ketat di posisi dua besar.

Kemenangan Manchester United atas Burnley pada Rabu (13/1) dini hari WIB memaksa Liverpool turun dari tahtanya. Setan Merah akan datang ke Anfield akhir pekan nanti dengan keunggulan tiga poin dari tuan rumah.

Menariknya, pertemuan kedua tim dalam lima musim terakhir sering berakhir dengan skor imbang atau salah satunya hanya menang tipis. Jumlah gol yang diciptakan kedua tim pun cukup minim.

Meski demikian, bukan berarti tidak ada pemain yang menonjol dalam lima musim terakhir saat kedua tim bentrok. Misalnya, Marcus Rashford yang total sudah mengoleksi tiga gol dan menempatkannya sebagai pencetak gol terbanyak pada laga Liverpool versus Manchester United.

Selain Rashford, siapa saja pemain yang masuk jajaran lima pencetak gol terbanyak pada pertandingan Liverpool kontra Manchester United dalam lima tahun terakhir? Berikut ulasannya.

1 dari 5

1. Marcus Rashford

1. Marcus Rashford
Pemain Manchester United, Marcus Rashford. © AP Photo

Marcus Rashford kini berstatus sebagai penyerang utama Manchester United bersama Anthony Martial. Meski usianya masih muda, kemampuan pemain asal Inggris ini tidak perlu diragukan lagi.

Buktinya, ia merupakan pemain yang paling sering mencetak gol pada laga Liverpool kontra Manchester United dalam lima musim terakhir. Total, pemain bernomor punggung 10 ini sudah melesakkan tiga gol ke gawang The Reds.

Dua di antaranya pada musim 2017/18, dan sisanya di musim 2019/20. Menariknya ketika bomber berusia 23 tahun ini mencetak gol ke gawang Liverpool, Manchester United tidak pernah kalah.

2 dari 5

2. Xherdan Shaqiri

2. Xherdan Shaqiri
Xherdan Shaqiri rayakan golnya ke gawang Everton. © AP Photo

Di bawah Rashford, ada nama gelandang Liverpool asal Swiss, Xherdan Shaqiri. Meski tidak mendapat tempat utama di tim asuhan Jurgen Klopp, ia kerap jadi pemain pembeda saat bertemu Manchester United.

Hal itu ia buktikan dengan dua golnya ke gawang Manchester United pada musim 2018/19. Berkat brace yang dilesakkan Shaqiri, Liverpool berhasil mengalahkan rivalnya itu dengan skor, 3-1.

Akibat kekalahan itu, Jose Mourinho harus kehilangan jabatannya sebagai manajer Manchester United. Ia kemudian digantikan oleh Ole Gunnar Solksjaer yang bertahan sampai sekarang.

3 dari 5

3. Christian Benteke

3. Christian Benteke
Benteke © LFC

Pemain berikutnya yang masuk dalam daftar ini adalah Christian Benteke. Meski sudah tidak lagi berkostum Liverpool, ia tercatat pernah membobol gawang Manchester United ketika masih bermain untuk The Reds.

Gol Benteke ke gawang Manchester United terjadi pada musim 2015/16 di Old Trafford. Namun, gol tersebut gagal membantu Liverpool merebut poin dari rivalnya itu setelah mereka kalah telak, 3-1.

Adapun, Benteke hanya bermain selama satu musim di Liverpool. Saat ini, pemain berpaspor Belgia itu memperkuat Crsytal Palace sejak musim 2016-2017.

4 dari 5

4. Zlatan Ibrahimovic

4. Zlatan Ibrahimovic
Zlatan Ibrahimovic saat masih berseragam Manchester United. © AFP

Nama Zlatan Ibrahimovic tercatat dalam sejarah pertemuan antara Liverpool dan Setan Merah. Pemain yang kini memperkuat AC Milan itu pernah menorehkan satu gol untuk Manchester United saat bersua The Reds.

Gol Zlatan ke gawang Liverpool terjadi pada pertemuan kedua tim di musim 2016/17. Ketika itu, golnya menyelematkan Manchester United dari kekalahan atas The Reds. Skor berakhir imbang 1-1.

Zlatan mencetak gol melalui kepalanya setelah menerima umpan dari Antonio Valencia. Gol itu pun tercatat sebagai salah satu gol terbaik di Premier League musim 2016/17.

5 dari 5

5. Daley Blind

5. Daley Blind
Daley Blind © AFP

Daley Blind memperkuat Manchester United selama empat musim dari 2014-2018. Selama empat musim pengabdiannya itu, ia tercatat pernah mencetak satu gol ke gawang Liverpool.

Gol tersebut ia lesakkan saat pertemuan kedua tim di Old Trafford pada musim 2015/16. Ia mencetak gol pada menit ke-49 yang membuka kran gol lainnya.

Sumbangan satu gol Blind itu turut membantu Manchester United menaklukkan Liverpool dengan skor 3-1. Itu jadi salah satu kemenangan Setan Merah dengan margin skor terbesar atas Liverpool dalam lima musim terakhir ini.

(Bola.net/Fitri Apriani)