FOLLOW US:


Pemain Muda Liverpool Ini Dulu Sempat Dibuat Tercengang Oleh Suarez, Apa Sebabnya?

23-02-2021 19:27

 | Dimas Ardi Prasetya

Pemain Muda Liverpool Ini Dulu Sempat Dibuat Tercengang Oleh Suarez, Apa Sebabnya?
Luis Suarez saat masih di Liverpool. © AFP

Bola.net - Eks youngster Liverpool Sergi Canos mengaku ia pernah dibuat tercengang oleh etos kerja dan mentalitas elit seorang Luis Suarez.

Canos dahulu pernah menimba ilmu di akademi Liverpool. Ia mulai berlatih bersama klub Merseyside itu sejak tahun 2013 sebelum akhirnya dipromosikan ke tim utama pada tahun 2015.

Saat ia gabung Liverpool, Suarez sudah ada di Anfield selama sekitar dua tahun. Canos saat itu masih berusia 16 tahun.

Akan tetapi manajer Liverpool saat itu yakni Brendan Rodgers cukup terkesan dengan kualitasnya. Maka dari itu ia kerap mengajaknya berlatih dengan skuat senior The Reds.

1 dari 2

Cerita Canos Soal Suarez di Liverpool

Berlatih di skuat utama Liverpool membuat Sergi Canos bisa melihat secara langsung aksi Luis Suarez. Canos pun mengaku tercengang melihat mentalitas dan etos kerja pemain Uruguay tersebut.

Canos mengatakan Suarez bekerja begitu keras di sesi latihan. Bahkan saat kakinya bermasalah pun, ia tak mau sampai absen berlatih.

"Ia fantastis. Ini pertama kalinya saya berpikir oke, ini adalah Luis Suarez yang mencetak gol setiap akhir pekan, siapa yang tahu berapa banyak penghasilannya, dan ia berlatih seperti ini pada hari Senin?!" kenangnya pada Goal.

“Saya ingat awal dari satu sesi latihan. Saya berteman baik dengan Jose Enrique, dan semua pria Spanyol biasa sarapan bersama. Luis mengalami sesuatu dengan kuku di kakinya. Saya tidak tahu apa yang terjadi, tapi ia pincang. Dan Jose Enrique berkata: 'Baiklah ini hari Senin, jangan berlatih'. Luis berkata: 'Mungkin, mungkin, saya akan bertanya kepada fisio,'" tuturnya.

“Dan ia keluar dan berlatih, dengan pincang, pada hari Senin! Mereka baru saja bermain pada hari Sabtu! Saya pulang ke rumah dan saya kagum. Saya berkata: 'Orang ini mencintai sepak bola!'" serunya.

2 dari 2

Standar Tinggi Suarez

Menurut Sergio Canos, para pemain Liverpool yang lain memperingatkan Luis Suarez bahwa berlatih terus dengan kaki yang cedera tak ada faedahnya. Akan tetapi Canos pada akhirnya menyadari bahwa mentalitas dan etos kerja Suarez itu yang berhasil membuatnya menjadi pemain kelas dunia dan sangat sukses.

"Ia berkata: 'Saya tidak bisa tinggal di dalam, saya hanya ingin keluar dan berlatih bersama kalian!' Kami berkata: 'Ya, tapi apa gunanya?!'"

“Sekarang saya mengerti bahwa itu ada benarnya. Sekarang, saya seperti ini. Itu sebabnya standarnya harus di atas sini," tegas Canos.

Luis Suarez meninggalkan Liverpool pada tahun 2014. Ia gabung Barcelona dan pada musim ini ia pindah ke Atletico Madrid. Sementara itu Sergi Canos sempat memperkuat Norwich City sebelum akhirnya memperkuat Brentford dari tahun 2017 sampai saat ini.

(Goal)