FOLLOW US:


Putra Mahkota Arab Saudi Disebut Segera Tuntaskan Pembelian Newcastle United

05-04-2020 01:43

 | Asad Arifin

Putra Mahkota Arab Saudi Disebut Segera Tuntaskan Pembelian Newcastle United
Pangeran Arab Saudi, Mohammed Bin Salman dikabarkan tertarik membeli Newcastle United. © Saudi Press Agency via AP

Bola.net - Newcastle berpotensi menjadi kekuatan besar Premier League dalam beberapa tahun ke depan. Sebab, Newcastle disebut bakal dibeli Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, dalam waktu dekat ini.

Newcastle memang kesulitan bersaing di papan atas klasemen Premier League pada dekade ini. Bahkan, The Magpies sempat terdegradasi dari Premier League pada 2016, tetapi segera kembali ke kasta tertinggi.

Mike Ashley, pemilik Newcastle, sudah mencoba melepas klub dan mencari investor baru. Pada 2017, Mike Ahley secara resmi menjual klub. Beberapa calon pembeli pun segera merapat dan memberi tawaran.

Hanya saja, beberapa tawaran yang masuk tidak sesuai dengan kriteria. Tiga tahun setelah resmi dijual, kini Newcastle siap menatap fase baru dalam sejarah klub. Mohammed bin Salman segera merampungkan pembelian Newcastle.

1 dari 2

Skema Pembelian Newcastle United oleh Mohammed bin Salman

Mohammed bin Salman berada di balik semua rencana akuisisi Newcastle United oleh konsorium Arab Saudi. Dikutip dari The Telegraph, Public Investment Fund of Saudi Arabia [PIF] milik Arab Saudi sudah siap membeli saham Newcastle.

Nantinya, konsorium Arab Saudi bakal mengucurkan dana hingga 340 juta pounds untuk membeli Newcastle dari tangan Mike Ashley. Harga tersebut sudah sesuai dengan tawaran Mike Ashley.

Konsorium yang digalang Mohamed bin Salman terdiri dari tiga induk perusahaan. PIF bakal menjadi pemodal terbesar dengan porsi saham hingga 80%. Lalu ada PCP Capital dan Amanda Staveley yang masih-masing mendapat 10% dari saham yang dibeli.

Pihak Newcastle sudah membuat laporan ke Premier League terkait rencana tersebut. Saat ini tengah dilakukan proses pemeriksaan beberapa dan audit finansial. Jika tidak ada kendala berarti. Newcastle bakal berpindah tangan pada beberapa bulan ke depan.

2 dari 2

Mohammed bin Salman Sempat Berniat Beli MU

Newcastle bukan satu-satunya klub yang telah didekati Mohammed bin Salman untuk dibeli. Sebelumnya, Mohammed bin Salman juga mencoba untuk membeli Manchester United dari tangan Keluarga Glazer.

Menurut The Mirror, Pangeran Salman masih belum menyerah mendapatkan Manchester United. Dikabarkan kalau dirinya masih bernegosiasi alot dengan Keluarga Glazer perihal niatannya tersebut.

Keluarga Glazer sendiri masih berpegang teguh pada pendiriannya. Pemilik yang berasal dari Amerika Serikat tersebut enggan melepas the Red Devils ke tangan Pangeran Salman berapapun tawarannya.

Sumber: The Telegraph/The Mirror