FOLLOW US:


Revolusi Jose Mourinho di Tottenham, Hanya Toby Alderweireld Selamat

06-12-2019 13:26

 | Asad Arifin

Revolusi Jose Mourinho di Tottenham, Hanya Toby Alderweireld Selamat
Bek Tottenham Toby Alderweireld. © AP Photo

Bola.net - Manajer Tottenham, Jose Mourinho, bakal melakukan revolusi untuk membangun ulang lini pertahanan klubnya. Dari sederet nama besar yang ada, sosok Toby Alderweireld lah yang dipastikan sudah pasti selamat dari pencoretan.

Jose Mourinho memulai karirnya sebagai manajer Tottenham dengan cukup baik. The Lily White mampu menyapu bersih tiga laga awal di bawah naungan Mourinho dengan kemenangan. Hasil gemilang bagi Tottenham.

Di laga keempat, Tottenham akhirnya kalah. Harry Kane dan kawan-kawan kalah saat berjumpa Manchester United di Old Trafford. Tottenham kalah dengan skor 2-1 melawan mantan klub Mourinho tersebut.

Dari empat laga yang sudah dimainkan, ada satu noda bagi Tottenham. Walau meraih tiga kemenangan, Tottenham tidak pernah mencatat cleansheet. Delapan gol bersarang di gawang Tottenham.

1 dari 2

Revolusi Pertahanan Tottenham

Kebobolan delapan gol dalam empat laga tentu bukan catatan yang baik untuk Tottenham. Sebab, Jose Mourinho selama ini dikenal sebagai manajer yang piawai meracik strategi bertahan pada setiap tim asuhannya.

Buruknya pertahanan Tottenham, dikutip dari Independent, membuat Jose Mourinho berencana melakukan revolusi. Dia akan melakukan perombakan besar-besaran pada komposisi pemain belakang yang ada di Tottenham.

Menurut sumber tersebut, banyak pemain yang dipertimbangkan bakal dilepas Mourinho. Bahkan, hanya ada satu pemain yang dijamin bakal selamat dari pencoretan yakni Toby Alderweireld.

Toby Alderweireld merupakan sosok spesial bagi Mourinho. Dia selalu bermain sejak The Special One menjadi manajer Tottenham. Saat masih melatih Manchester United, Mourinho berulang kali meminta klub untuk membeli Toby Alderweireld.

2 dari 2

Komposisi Pemain Belakang Tottanham

Komposisi Pemain Belakang Tottanham
Jose Mourinho di laga West Ham vs Tottenham. © AP Photo

Di bawah kendali Jose Mourinho, Tottenham bermain dengan formasi utama 4-2-3-1. Empat pemain di lini belakang, satu tempat sudah pasti menjadi milik Toby Alderweireld. Tiga pemain lain yang biasa dipakai yakni Danny Rose, Davinson Sanchez, dan Serge Aurier.

Serge Arier sangat mungkin tidak masuk dalam pilihan Mourinho. Pemain asal Pantai Gading tersebut punya kapasitas yang baik di posisi bek kanan, tetapi dia tidak cukup tangguh saat mengemban tugas untuk bertahan.

Danny Rose juga punya karakter yang hampir sama dengan Serge Aurier. Pemain berusia 29 tahun sangat mungkin dicoret. Davinson Sanchez mungkin akan dipertahankan karena masih berusia 23 tahun dan punya potensi lebih baik.

Sedangkan, Jan Vertonghen, juga sangat mungkin dipertahankan. Dia adalah pemain senior yang pengaruhnya kuat di ruang ganti. Selain itu, pemain asal Belgia bisa bermain di posisi bek kiri sebagai nilai plus. Akan tetapi, dia sudah berusia 32 tahun pada saat ini.

Sumber: Independent