FOLLOW US:


Riise Tunjuk Robertson Sebagai Bek Kiri Terbaik di Dunia

16-04-2019 21:38

 | Andrew Robertson

Riise Tunjuk Robertson Sebagai Bek Kiri Terbaik di Dunia
Virgil Van Dijk dan Andrew Robertson. © AP Photo

Bola.net - Eks bek timnas Norwegia John Arne Riise terkesan dengan performa Andrew Robertson dan menyebutnya sebagai bek kiri terbaik di dunia saat ini.

Pada musim 2016-17 lalu, Robertson masih bermain bersama klub kecil Inggris, Hull City. Pada musim 2017-18, ia dipinang oleh Jurgen Klopp.

Ia tak langsung mendapat kesempatan untuk unjuk gigi di Liverpool. Namun begitu dipercaya oleh Klopp untuk tampil di tim utama, Robertson langsung tampil prima.

Ia tak cuma tampil apik saat bertahan. Ia juga memberikan kontribusi luar biasa untuk membantu lini serang. Alhasil ia pun selalu dipercaya jadi starter di pos bek kiri oleh Klopp.

1 dari 3

Terbaik di Dunia


Riise dahulu adalah seorang bek kiri. Ketika ditanya pendapatnya tentang siapa yang dapat dianggap yang terbaik di posisi itu, Riise ia pun tanpa ragu menyebut nama Robertson.

"Jujur saja, dengan melihat cara sepakbola dimainkan sekarang Andy Robertson ada di sana karena energinya dan caranya untuk maju," terangnya pada Goal International.

"Robertson lebih merupakan [contoh] bek sayap modern saat ini. Anda harus dapat berlari naik turun, membuat umpan silang, membuat assist, menembak, dan juga menjadi pemain bertahan yang baik. Ia seperti bek kiri modern yang sempurna. Saya penggemar beratnya," serunya.

"Saya mungkin salah satu yang pertama yang memulai full-back modern, sangat ofensif, naik turun sepanjang waktu, membuat operan, menembak, mencetak gol. Itu sangat baru ketika saya mulai melakukannya. Sekarang, setiap full-back harus bisa naik dan turun, dan saya suka gaya permainan itu," tegasnya.

2 dari 3

Energi


Eks bek AS Roma ini kemudian ditanya apa yang paling disuka dari penampilan Robertson. Riise kemudian mengaku ia sangat terkesan dengan kekuatan bek 25 tahun itu saat bermain selama 90 menit.

"Energinya. Ia tidak pernah berhenti," tutur Riise.

"Ia jarang memiliki permainan yang buruk, dan ia selalu memberi 100 persen. Cara dirinya berlari maju membawa kegembiraan," tandasnya.

3 dari 3

Lebih Haus Gol


Sejauh ini Robertson dikenal sebagai bek yang mahir dalam urusan memberikan assist. Musim ini saja, ia sudah mengemas 11 assist di semua ajang kompetisi.

Sembilan di antaranya ia hasilkan di ajang Premier League. Namun sejak musim lalu ia hanya sekali mencetak gol bagi Liverpool.

Riise terkesan dengan catatan assist itu. Namun ia berharap Robertson nantinya bisa berkembang menjadi lebih baik dengan mencetak banyak gol.

"Satu-satunya hal dengan Robertson adalah saya ingin ia lebih menjadi ancaman dalam urusan mencetak gol," kata Riise. "Mencetak lebih banyak gol, itu satu-satunya yang kuinginkan. Ia memiliki segalanya."