FOLLOW US:


Roberto Firmino, Instrumen ke-12 dalam Orkestra Liverpool

25-11-2020 13:00

 | Richard Andreas

Roberto Firmino, Instrumen ke-12 dalam Orkestra Liverpool
Striker Liverpool, Roberto Firmino. © AP Photo

Bola.net - Jurgen Klopp menggambarkan pentingnya peran Roberto Firmino untuk Liverpool dengan perumpamaan sempurna. The Reds ibarat sebuah orkestra, dan Firmino adalah salah satu instrumen paling penting.

Striker Brasil ini membungkus kemenangan 3-0 Liverpool atas Leicester City akhir pekan lalu. Gol ini merupakan gol pertama Firmino setelah sekitar sebulan tidak mencetak gol.

Firmino sempat dikritik, bahkan posisinya diyakini akan tergusur oleh Diogo Jota. Namun, Klopp kini menegaskan bahwa Firmino masih merupakan salah satu pemain terpenting dalam skuadnya.

Mengapa demikian? Scroll ke bawah ya, Bolaneters!

1 dari 2

Firmino, instrumen ke-12

Klopp mengakui gol itu penting untuk Firmino pribadi, juga untuk Liverpool. Namun, entah bikin gol atau tidak, baginya Firmino adalah pemain istimewa dalam tim The Reds.

Firmino memegang peran lebih penting dari sekadar mencetak gol, dia penting untuk ritme tim. "Mencetak gol selalu penting untuk Bobby, tapi Bobby adalah pesepak bola komplet," buka Klopp di Liverpoolfc.com.

"Tim sepak bola ibarat sebuah orkestra, untuk bermain kita membutuhkan beberapa orang memainkan instrumen berbeda. Beberapa lebih lantang, beberapa lainnya tidak, tapi mereka semua penting untuk ritme."

"Bobby sangat penting, dia bermain seperti instrumen ke-12 dalam orkestra kami, dia sangat penting untuk ritme kami," imbuhnya.

2 dari 2

Tidak pernah khawatir

Sebab itu, Klopp tidak pernah khawatir ketika melihat Firmino sulit mencetak gol. Publik boleh ramai mengkritik, tapi baginya Firmino tetap Firmino, tetap penting dan krusial.

"Untungnya kami pun bisa bermain tanpa dia, tapi lebih baik dengan dia di lapangan. Dan jika Anda melihat torehan angkanya, jelas saya sangat suka itu, sebab dia banyak bermain!" lanjut Klopp.

"Saya tidak mengkhawatirkan apa pun soal Bobby, tapi saya tahu mencetak gol akan membantunya, dan gol ini sangat penting," tandasnya.

Sumber: Liverpool