FOLLOW US:


Soal Penalti, Rashford Diminta Contoh Ketegasan Van Nistelrooy

21-08-2019 17:51

 | Dimas Ardi Prasetya

Soal Penalti, Rashford Diminta Contoh Ketegasan Van Nistelrooy
Marcus Rashford mencetak gol via penalti di laga Manchester United vs Chelsea di Old Trafford, Minggu (11/08/2019). © AP Photo

Bola.net - Legenda Manchester United Ryan Giggs meminta Marcus Rashford mencontoh ketegasan Ruud Van Nistelrooy terkait siapa pemain yang layak mengambil tendangan penalti.

Sebelumnya terjadi momen yang menarik perhatian banyak fans United. Di laga lawan Wolverhampton, Paul Pogba mengambil jatah tendangan penalti.

Padahal di laga sebelumnya yakni melawan Chelsea, jatah tersebut diserahkan kepada Rashford. Striker 21 tahun itu mengeksekusi hukuman tersebut dengan sempurna.

Namun di sisi lain, Pogba gagal melaksanakan eksekusinya. Bola tendangannya bisa dihalau oleh Rui Patricio.

Imbasnya, United gagal meraih kemenangan. Mereka ditahan 1-1 oleh Wolves.

1 dari 2

Aneh

Giggs pun menyoroti keputusan Pogba untuk mengambil penalti tersebut. Ia merasa hal ini aneh, apalagi karena sebelumnya Rashford sudah terbukti sukses mencetak gol dari titik putih melawan Chelsea.

“Seharusnya Marcus. Ini aneh karena sebelum pertandingan, anda biasanya memiliki eksekutor penalti yang sudah ditunjuk sebelumnya dan anda akan berpikir Marcus-lah yang dipilih setelah mencetak gol minggu lalu. Seperti yang saya katakan, ia melakukannya seminggu sebelumnya," serunya pada Optus Sport.

"Sekali lagi, ada percakapan [antara Rashford dan Pogba]. Ole mengatakan setelah pertandingan bahwa mereka memiliki dua pengambil penalti yang sudah ditunjuk dan melihat ini [minggu lalu] mungkin mereka melakukannya, dan lagi malam ini mereka memiliki percakapan yang sama, sehingga akan menarik untuk dilihat, "Apakah Anda suka itu? Tidak, saya suka itu?"

2 dari 2

Tiru Van Nistelrooy

Tiru Van Nistelrooy
Ruud van Nistelrooy © AFP

Giggs sempat mengatakan bahwa Rashford harusnya menuntut untuk mengambil penalti tersebut. Ia kemudian mencontohkan siap mantan rekannya di United dahulu, Van Nistelrooy.

Giggs mengungkapkan bahwa dahulu, jatah penalti selalu diambil oleh striker Belanda itu. Van Nistelrooy pun dengan tegas melarang siapa pun untuk mengambil jatah penaltinya.

"Jika saya mendekati Ruud van Nistelrooy, ia hanya akan langsung berkata, 'Kembalilah!' Dan ia meletakkan bola di balik jerseynya. Tidak mungkin Anda mendapatkan bola darinya," kenangnya.

"Jadi itulahsebabny mengapa saya merasa sedikit sulit untuk memahami, begitu seorang penyerang tengah mencetak gol penalti, penalti berikutnya yang mereka dapatkan, justru [orang lain] yang mengambilnya," tandas Giggs.

Sebagai imbas kegagalan penalti lawan Wolverhampton itu, Paul Pogba kemudian menjadi korban aksi rasisme. Pihak Manchester United sudah mengecam aksi tersebut, demikian pula dengan Marcus Rashford.

(Optus Sport)