FOLLOW US:


Statistik Laga Aston Villa vs Manchester City: Guardiola, Si Raja Final Turnamen

03-03-2020 02:00

 | Yaumil Azis

Statistik Laga Aston Villa vs Manchester City: Guardiola, Si Raja Final Turnamen
Phil Foden © AP Photo

Bola.net - Kompetisi Carabao Cup sudah mendapatkan pemenangnya. Sang juara bertahan, Manchester City, kembali meraih gelar tersebut usai mengalahkan Aston Villa dalam laga final yang berlangsung hari Minggu (1/3/2020) dengan skor tipis 2-1.

Pasukan Josep Guardiola itu tidak menemui kesulitan untuk meraih kemenangan. Statistik menunjukkan bahwa the Citizens jauh lebih dominan dengan catatan penguasaan bola mencapai 70 persen serta 22 tembakan selama 90 menit penuh.

Bahkan dua gol kemenangan Manchester City sudah tercipta sejak babak pertama, tepatnya di menit ke-20 dan 30 berkat aksi Sergio Aguero dan Rodri. Sementara Aston Villa hanya membalas dengan gol semata wayang Mbwana Samatta di menit ke-41.

Dan seperti biasanya, pertandingan kali ini juga menghasilkan sejumlah catatan penting yang patut diketahui oleh Bolaneters sekalian. Informasi selengkapnya bisa disimak dengan melakukan scroll ke bawah.

1 dari 1

Statistik

1. Manchester City menjadi tim kedua yang memenangkan tiga Carabao Cup secara berturut-turut setelah Liverpool di antara 1980/81 dan 1983/84 (empat kali berturut-turut).

2. Hanya Liverpool (delapan) yang memenangkan kompetisi tersebut lebih banyak dari Manchester City (tujuh).

3. Hanya Arsenal (enam) yang menjadi runner-up lebih sering dari Aston Villa di ajang Carabao Cup (empat - menyamai Liverpool, Manchester United, dan Tottenham Hotspur).

4. Pep Guardiola sekarang telah memenangkan Carabao Cup dalam tiga kesempatan (2018,2019,2020) - hanya Sir Alex Ferguson (empat), Brian Clough (empat) dan Jose Mourinho (empat) pelatih yang lebih sering menjuarai ajang tersebut.

5. Guardiola sudah memenangkan 21 dari 25 laga final dengan statusnya sebagai pelatih papan atas, termasuk semua enam dari yang didapatkan bersama City (dua Community Shields, tiga Carabao Cup, satu FA Cup).

6. Aston Villa berhasil mencatatkan 20 gol di ajang Carabao Cup musim ini, tim terakhir yang berhasil mencetak 20 gol dalam satu musim Carabao Cup adalah Manchester City di musim 2013/14 (22).

7. Sergio Aguero sudah membukukan 10 gol dari enam kali penampilannya melawan Aston Villa.

8. Sejak melakoni debutnya di ajang Carabao Cup pada bulan November 2011, Aguero berhasil mencetak gol lebih banyak dari pemain lainnya di kompetisi tersebut (11).

9. Mbwana Samatta menjadi pemain dari benua Afrika kelima yang mencetak gol di final Carabao Cup, setelah Didier Drogba (empat gol), Joseph-Desire Job, Obafemi Martins, dan Yaya Toure.

10. Pemain Manchester City, Phil Foden, telah terlibat langsung dalam sembilan gol dari 10 kali penampilannya sebagai starter di semua kompetisi musim ini (dua gol, tujuh assist).

(BBC Sport)