FOLLOW US:


Tentang Barisan Gelandang Liverpool, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

12-11-2019 09:20

 | Richard Andreas

Tentang Barisan Gelandang Liverpool, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
Jordan Henderson berebut bola dengan Raheem Sterling di laga Liverpool vs Man City. © AP Photo

Bola.net - Lini tengah Liverpool diyakini memegang peran penting dalam perkembangan tim sejak musim lalu. Meski tidak punya nama-nama besar, barisan gelandang Liverpool justru kian menyatu karena kecerdikan Jurgen Klopp.

Liverpool dikenal dengan trio penyerang mematikan mereka, bukan karena barisan gelandang. Cara Jurgen Klopp membangun skuad tecermin pada starting XI mereka.

Trio gelandang Liverpool kerap berubah-ubah. Ada Jordan Henderson, James Milner, Georginio Wijnaldum, Fabinho, Naby Keita, Adam Lallana, dan beberapa nama lainnya. Klopp sering merotasi skuad, tergantung pada lawan yang menunggu.

Meski tak sehebat gelandang-gelandang lain, kerja keras lini tengah Liverpool jelas patut diapresiasi. Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2

Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Liverpool tak punya gelandang kreatif seperti Kevin De Bruyne, genius seperti Toni Kroos, atau tenang seperti Sergio Busquets. Biar begitu, nama-nama yang mengisi lini tengah Liverpool adalah nama pekerja keras.

Analis Sky Sports, Paul Merson, meyakini barisan gelandang ((Jordan Henderson, Fabinho, dan Georginio Wijnaldum) Liverpool kerap diremehkan. Benar, nama mereka tidak sebesar trio penyerang, tapi mereka memegang peran penting di balik layar.

"Tiga gelandang Liverpool merupakan barisan gelandang yang bekerja sangat keras dan bermain untuk memberikan ruang bagi bek-bek sayap yang ingin menyerang. Mereka sungguh bekerja keras," buka Merson.

"Saya bisa memahami mereka merupakan pahlawan tanpa tanda jasa dan saya kira pujian mereka masih kurang tinggi. Namun, mereka tetap bukanlah kombinasi tiga gelandang terbaik di dunia."

2 dari 2

Bisa Copot Pasang

Ucapan Merson itu dilandasi fakta keberanian Klopp main copot-pasang pada barisan lini tengahnya. Klopp tahu pemain-pemainnya punya kemampuan sama baiknya.

"Anda bisa melihat tiga penyerang Liverpool dan itulah tiga penyerang terbaik di dunia. Namun, tiga gelandang itu menurut saya bukanlah yang terbaik di dunia. Benar mereka memang diabaikan," imbuh Merson.

"Anda bisa menurunkan Alex Oxlade-Chamberlain di lini tengah itu dan mereka tidak akan melemah. Namun, jika Anda menurunkan pemain lain dalam lini serang mereka [Salah-Mane-Firmino] dan menarik salah satunya, Anda jelas akan melemahkan mereka," tutupnya.

Sumber: Sky Sports