FOLLOW US:


Termasuk Bryan Robson, Ini Deretan Pemain yang Pernah Memperkuat Manchester United dan West Brom

21-11-2020 17:59

 | Asad Arifin

Termasuk Bryan Robson, Ini Deretan Pemain yang Pernah Memperkuat Manchester United dan West Brom
Premier League, Manchester United vs West Brom © Bola.net

Bola.net - Manchester United dan West Brom merupakan tim-tim senior di kancah sepak bola Inggris. Kedua tim ini sama-sama didirikan pada 1878.

Pada 1 Januari 1878, West Brom didirikan dengan nama West Bromwich Strollers. Sementara, pada tahun yang sama, Newton Heath LYR F.C, yang kemudian berubah menjadi Manchester United, juga berdiri.

Sepanjang sejarah mereka, kedua tim menjadi persinggahan sejumlah pemain bintang. Banyak juga pemain-pemain bintang yang sempat berseragam kedua tim ini.

Yang unik, banyak pemain United yang kemudian memperkuat West Brom. Demikian pula sebaliknya. Akibat kerapnya kedua tim bertukar pemain, United dan West Brom kerap disebut klub bersaudara.

Berikut lima pemain bintang pilihan Bola.net yang sempat memperkuat United dan West Brom. Siapa saja mereka? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 5

Anders Lindegaard

Anders Lindegaard
Anders Lindegaard © MUFC

Lindegaard merupakan kiper asal Denmark yang bergabung dengan Manchester United pada 6 Januari 2011. Namun, kiper yang kini berusia 36 tahun tersebut gagal mendapat tempat utama di Old Trafford. Namun, bagaimanapun, ia bertahan bersama Setan Merah sampai 31 Agustus 2015.

Setelah meninggalkan United, Lindegaard bergabung dengan West Brom. Namun, pada bursa transfer musim dingin 23 Januari 2016, ia bergabung ke Preston dengan status pinjaman.

Setelah masa peminjamannya usai pada 31 Mei 2016, ia kembali ke West Brom dan bertahan di sana sampai kontraknya usai pada 2 Juli 2016. Setelah meninggalkan West Brom, ia bergabung dengan Preston.

2 dari 5

Jonny Evans

Jonny Evans
Jonny Evans © AFP

Jonny Evans merupakan salah satu pemain jebolan Akademi Manchester United. Ia bergabung dengan tim senior pada 2006. Namun, ia sempat dipinjamkan ke Royal Antwerp dan Sunderland. Dua tahun disekolahkan ke klub lain, Evans akhirnya sepenuhnya bergabung dengan United pada 12 Mei 2008.

Sepanjang bersama tim inti United, pemain asal Irlandia ini menjadi salah satu andalan di benteng pertahanan. Pada awal 2010-2011, bersama Nemanja Vidic, Evans menjadi andalan United di lini belakang.

Setelah tujuh musim memperkuat United, Evans meninggalkan Setan Merah pada 29 Agustus 2015. West Brom menjadi tujuan bagi pemain yang saat ini berusia 32 tahun tersebut.

Bersama West Brom, Evans tampil apik. Ia bahkan sempat menyabet gelar sebagai Pemain Terbaik Tahun 2016 pilihan para penggawa West Brom. Selain itu, sepeninggal Darren Fletcher, ia sempat didapuk sebagai kapten tim The Baggies.

Setelah West Brom terdegradasi, Leicester City meminang Evans dan mengikatnya dengan kontrak berdurasi tiga tahun.

3 dari 5

Darren Fletcher

Darren Fletcher
Darren Fletcher Berduel Dengan Henrikh Mkhitaryan © AFP

Sama seperti Evans, Fletcher datang dari tim muda Manchester United. Setelah tampil apik bersama tim muda, Fletcher bergabung dengan tim utama United pada 1 Juli 2001.

Bersama United, pemain asal Skotlandia memainkan peran penting. Tak hanya sebagai otak lini tengah, ia pun kerap dimainkan di sektor pertahanan. Hebatnya, Fletcher mampu menjalani tugas yang ia emban dengan sama baiknya.

Setelah 14 tahun bersinar bersama Setan Merah, Fletcher pun meninggalkan Old Trafford. Ia pun bergabung dengan West Brom. Bersama The Baggies, ia mendapat kepercayaan sebagai kapten tim.

Dua tahun bersama West Brom, Fletcher meneruskan petualangannya. Kali ini, ia memilih Stoke City sebagai pelabuhan kariernya.

4 dari 5

Mike Phelan

Mike Phelan
Mike Phelan saat mendampingi Sir Alex di Manchester United © Zimbio

Sosok lain yang berpindah dari Manchester United ke West Brom adalah Mike Phelan. Pria yang kini berusia 58 tahun tersebut bergabung dengan Manchester United dari Norwich pada 1 Juli 1989.

Bersama Setan Merah, Phelan biasa bermain di sektor fullback dan gelandang bertahan. Ia biasa bertukar posisi dengan Paul Ince.

Setelah mengakhiri masa bakti di United, pada 11 Juli 1994, Phelan bergabung dengan West Brom. Bersama The Baggies, ia bertahan sampai 1 Juli 1996 ketika ia memutuskan pensiun.

Setelah pensiun, Phelan melanjutkan kariernya di dunia kepelatihan. Saat ini, ia merupakan asisten manajer di Manchester United.

5 dari 5

Bryan Robson

Bryan Robson
Bryan Robson © Ist

West Brom bukan hanya menjadi panti penampungan eks penggawa Manchester United. The Baggies juga sempat mendonorkan seorang bintang mereka untuk bergabung dengan Setan Merah.

Bryan Robson merupakan salah seorang pemain jebolan akademi West Brom. Ia bergabung dengan tim inti The Baggies pada 1 Juli 1975. Bersama West Brom, Robson dimainkan di berbagai posisi. Namun, ia mampu menjalani perannya dengan sangat bagus.

Pada 1 Oktober 1981, Robson mengikuti jejak sang manajer Ron Atkinson ke Manchester United. Bersama Setan Merah, ia tampil moncer sebagai dinamo lini tengah.

Sejumlah prestasi ditorehkan Robson bersama United. Ia pun disebut sebagai salah satu legenda klub ini.

Pada 1 Juli 1998, Captain Marvel -julukan Robson- meninggalkan United dan bergabung dengan Middlesbrough.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)