Thomas Tuchel Beri Kode Chelsea Perlu Bek Tengah Berusia Muda

Abdi Rafi Akmal | 8 Agustus 2022 06:05
Aksi Kalidou Koulibaly pada duel melawan Everton di matchday pertama Premier League 2022/2022, Sabtu 6 Agustus 2022 (c) AP Photo

Bola.net - Chelsea mengawali Liga Inggris 2022/2023 dengan hasil yang cukup positif setelah berhasil menaklukkan Everton 1-0. Di balik kemenangan tersebut, pelatih Thomas Tuchel melihat bahwa The Blues perlu bek tengah berusia muda baru.

Pada laga kontra Everton, komposisi tiga bek tengah Chelsea memang berusia tua. Thiago Silva, Kalidou Koulibaly, dan Cesar Azpilicueta berusia di atas 30 tahun.

Ketiganya memang memberikan soliditas pada lini pertahanan Chelsea. Pengalaman yang sudah menahun membuat ketiganya adalah kepingan yang sangat tidak mudah diterobos.

Akan tetapi, Tuchel mulai mengkhawatirkan soal regenerasi para pemain belakang. Jika tidak mengambil langkah dengan cepat, Chelsea dipastikan akan kesulitan di tahun-tahun yang akan datang.

1 dari 3 halaman

Kualitasnya Masih Ada

Pemain Chelsea, Thiago Silva. (c) AP Photo

Saat ini, Koulibaly berusia 31 tahun, Azpilicueta 32 tahun, dan Silva 36 tahun. Walau sudah gaek, ketiganya diakui Tuchel masih memiliki kualitas.

Dalam catatan statistik pertandingan Chelsea melawan Everton, ketiganya membuat pertahanan Chelsea terlihat begitu dominan. Dominasi itu tampak dari segi menang duel secara keseluruhan, menang dalam perebutan bola, dan menang duel udara.

"Ada banyak sekali pengalaman dan mereka masih memiliki kualitas yang dibutuhkan. Mereka bahkan tahu harus melakukan apa," ujarnya.

"Azpilicueta adalah pemain legenda di sini. Thiago masih sangat penting buat kami. Dan Kalidou, ketika kami punya kesempatan merekrutnya, maka kami lakukan. Ia masih dapat melakukan pekerjaan hebat beberapa tahun lagi".

2 dari 3 halaman

Perlu Keseimbangan

Pemain Chelsea, Trevoh Chalobah (c) Trevoh Chalobah Twitter

Kendati demikian, Tuchel berharap ada tambahan bek tengah baru berusia muda. Hal ini wajib dilakukan untuk memberikan keseimbangan dalam permainan yang kerap kali mengandalkan fisik.

"Kami harus memastikan bahwa kami memiliki generasi baru dalam beberapa tahun ke depan. Tapi memang tiga pemain tersebut masih sangat kuat, makanya kami percaya dengan mereka," ungkap pelatih asal Jerman.

"Ya, harus ada keseimbangan. Di dalam pertandingan, secara umum, pertarungan fisik amat sangat dibutuhkan".

3 dari 3 halaman

Sebuah Kode

Bek tengah Leicester City, Wesley Fofana. (c) Leicester City Official

Jurnalis Adam Newson melaporkan bahwa ungkapan Tuchel itu jadi sebuah kode. Sebab saat ini Chelsea tidak punya komposisi bek tengah muda yang solid.

Kebetulan, Chelsea sempat dirumorkan dalam perburuan bek tengah Leicester City, Wesley Fofana. Sang pemain saat ini masih berusia 21 tahun.

"Mungkinkah generasi baru itu adalah Fofana (21), Chalobah (23), dan Colwill (19)? Atau mungkin termasuk Ampadu (21)? Mungkin ada banyak opsi, tetapi saya tampaknya ada hal-hal yang tidak akan terduga," tulis Newson di akun Twitter pribadinya.

Sumber: Adam Newson

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR