FOLLOW US:


Unai Emery: Gagal dan Dipecat, Sekarang Dukung Penuh Arteta di Arsenal

14-01-2021 06:20

 | Richard Andreas

Unai Emery: Gagal dan Dipecat, Sekarang Dukung Penuh Arteta di Arsenal
Unai Emery saat masih menangani Arsenal © AP Photo

Bola.net - Unai Emery mengenang kembali masa-masanya melatih Arsenal. Meski kepergiannya terbilang buruk, Emery masih sangat menghargai kesempatan yang diberikan Arsenal.

Pelatih asal Spanyol ini ditunjuk sebagai pengganti Arsene Wenger. Awalnya berjalan baik, sayangnya ternyata Emery hanya bisa bertahan 18 bulan di sana.

Sebenarnya tahun pertama Emery di Arsenal terbilang memuaskan. Dia nyaris membawa The Gunners menembus empat besar, pun berhasil mencapai final Liga Europa.

Sayangnya musim keduanya jadi bencana, Arsenal terus terpuruk dan akhirnya Emery dipecat. Kini sebagai bos Villarreal, Emery kembali bicara soal masa-masa itu.

Scroll ke bawah ya, Bolaneters!

1 dari 3

Tahun pertama

Emery kembali menegaskan betapa baiknya tahun pertama di Arsenal. Dia berhasil mengembangkan tim dan mencapai target. Saat itu optimisme pun melambung tinggi.

"Saya bekerja di Arsenal selama satu setengah tahun, dan tahun pertama itu saya kira merupakan musim yang sangat baik," kata Emery kepada Football London.

"Kami mencapai final Liga Europa, kami bersaing sampai momen terakhir untuk mencoba masuk empat besar."

"Kami mengembalikan keyakinan klub dan fans, juga untuk para pemain. Saya kira kami menutup musim dengan baik saat itu," imbuhnya.

2 dari 3

Buruk di musim kedua

Segalanya berubah jadi bencana dalam waktu singkat di musim kedua. Emery pun mengaku bersalah, mungkin ada sejumlah keputusannya yang keliru dan merugikan tim.

"Barulah di musim kedua, pada enam bulan pertama ketika saya dipecat di bulan November, saya kira kami telah membuat sejumlah keputusan yang tidak baik untuk klub," lanjut Emery.

"Ketika hasil pertandingan sedikit buruk, situasinya berubah, tapi saya mengingat banyak hal positif pada tahun pertama saya di Arsenal."

3 dari 3

Inginkan yang terbaik

Kini, sebagai mantan pelatih, dia mendukung Arsenal dan penggantinya, Mikel Arteta, dari kejauhan. Kenangannya di Arsenal pun baginya terhitung kenangan manis.

"Saya sangat menikmati kesempatan melatih Arsenal dan saya sangat bersyukur untuk momen itu. Bagi saya itu bukan pengalaman negatif, itu adalah hal positif," sambung Emery.

"Beginilah sepak bola. Sekarang saya menginginkan yang terbaik untuk Arsenal dan Mikel Arteta, untuk fans, dan untuk semua di dalam klub," tandasnya.

Sumber: Football London