FOLLOW US:


Van Dijk Dipandang Sama Berkelasnya dengan Sami Hyypia

28-03-2019 21:22

 | Virgil van Dijk

Van Dijk Dipandang Sama Berkelasnya dengan Sami Hyypia
Virgil Van Dijk © AFP

Bola.net - Eks kiper Liverpool Sander Westerveld menyamakan Virgil Van Dijk dengan mantan defender The Reds sebelumnya, Sami Hyypia.

Hyypia dibeli oleh Liverpool dari klub Belanda, Willem II, pada tahun 1999 silam. Saat itu harganya hanya sekitar 2,6 juta pounds saja.

Pria asal Finlandia itu bukan siapa-siapa sebelumnya. Namun ternyata ia mampu langsung mengejutkan semua orang dengan aksinya di lini belakang.

Ia kemudian menjadi salah satu bek terbaik di pentas Premier League. Ia juga sempat dipercaya menjadi kapten Liverpool sebelum mengakhiri karirnya di Anfield pada tahun 2009.

1 dari 2

Mirip


Sementara itu, Van Dijk juga langsung bisa memberikan efek positif begitu tiba di Liverpool. Ia membuat benteng The Reds menjadi begitu kokoh.

Westerveld pun merasa bahwa Van Dijk memiliki kemiripan dengan Hyypia. Ia juga menyebut keduanya sama-sama memiliki kelebihan dalam mengolah bola berkat pengalamannya main di Belanda.

"Sami dan Virgil sangat mirip," kata Westerveld kepada Liverpoolfc.com.

"Lihatlah cara ketika Sami pertama kali masuk dan ia langsung membuat perbedaan. Sami bermain di Belanda sebelum ia datang ke Liverpool dan ia belajar bermain dengan kakinya, yang bisa dilakukan Virgil," terangnya.

2 dari 2

Bikin Pede


Bagi Westerveld, Hyypia mampu memberikan rasa aman bagi dirinya saat bermain bersama. Ia pun jadi percaya diri saat berlaga dengan hadirnya bek bertinggi 193 cm itu.

Westerveld pun menyebut rasa aman yang serupa juga dihadirkan oleh Van Dijk pada Alisson Becker.

"Semua hal baik yang Anda miliki tentang Virgil, Sami juga dan memberi saya kepercayaan diri sebagai kiper untuk memiliki seseorang seperti itu di depan saya.

"Bahkan jika Anda tidak bisa datang untuk menghalau umpan silang, Anda tahu Sami akan ada di sana untuk selalu membantu Anda. Ia tidak akan pernah panik, ia akan mengambil waktu - ia adalah segalanya yang Anda inginkan sebagai seorang bek, yang kita miliki sekarang dan apa yang kita miliki dalam diri Sami."