FOLLOW US:


Chiellini Ungkap Beda Conte, Allegri, dan Sarri

10-06-2020 20:24

 | Dimas Ardi Prasetya

Chiellini Ungkap Beda Conte, Allegri, dan Sarri
Giorgio Chiellini. © AFP

Bola.net - Bek Juventus Giorgio Chiellini membeberkan perbedaan antara Antonio Conte, Massimiliano Allegri, dan Maurizio Sarri.

Ketiganya berkaitan erat dengan Juventus. Conte pernah menjadi pemain di skuat Bianconeri.

Ia juga pernah melatih Si Nyonya Tua. Ia menukangi Juve dan membawa klub itu meraih Scudetto dari musim 2011-12, 2012-13, dan 2013-14.

Allegri ditunjuk menjadi penerus Conte. Eks pelatih AC Milan itu juga sukses di Turin dan membawa Juventus meraih Scudetto dari musim 2014-15 hingga 2018-19.

Kini Allegri telah angkat kaki dari Juventus. Ia digantikan oleh Sarri.

1 dari 3

Antonio Conte

Antonio Conte
Antonio Conte © AP Photo

Giorgio Chiellini menyebut Antonio Conte merupakan sosok penting yang membuat Juventus bisa meraih sukses seperti sekarang ini. Ia mengungkapkan Conte juga merupakan sosok pelatih yang sangat penuntut.

"Dengan Conte, kami mulai dari awal, kami mulai dari dasar yang sangat rendah dan membangun fondasi rumah. Antonio adalah orang yang, seperti yang saya tulis [dalam otobiografi], yang membawa Anda ke koneksi yang berbeda," ucapnya pada Corriere dello Sport, via Football Italia.

“Ia memberi Anda banyak hal dan menuntut banyak hal. Terkadang itu membuat Anda kesal, tetapi Anda bersamanya sampai mati. Menurut pendapat saya, ia menciptakan kekompakan yang mendasar bagi Juve," tuturnya.

2 dari 3

Massimiliano Allegri

Massimiliano Allegri
Massimiliano Allegri © AFP

Bagi Giorgio Chiellini, Massimiliano Allegri cukup berbeda dibandingkan dengan Antonio Conte. Ia mengatakan Allegri tidak sekeras Conte namun selama di Juventus, ia mampu mengembangkan kapasitasnya sebagai pelatih.

“Max adalah seorang peduli estetika. Ia sangat cerah, lebih ringan, dalam lima tahun ia berkembang secara eksponensial, ia tahu cara menurunkan dan menaikkan nada. Ia memiliki kepekaan yang belum saya temukan pada banyak orang, dan saya tidak hanya berbicara tentang pelatih," ujarnya.

“Selama bertahun-tahun, itu telah menaklukkan dan menyihir saya," sambung Chiellini.

3 dari 3

Maurizio Sarri

Maurizio Sarri
Pemain Juventus, Maurizio Sarri. © AP Photo

Giorgio Chiellini lantas menerangkan bahwa Maurizio Sarri cukup mirip dengan Antonio Conte. Namun demikian, mereka memiliki filosofi permainan yang berbeda.

“Sarri lebih teliti, karena itu lebih mirip dengan Conte daripada dengan Allegri, tetapi dengan prinsip dan sistem yang berbeda," tuturnya.

“Ia sangat bergantung pada angka, ia adalah pencinta permainan, penguasaan bola. Ia adalah utopis dan adalah yang pertama mengakuinya, tidak pernah puas, selalu mengejar kesempurnaan," tandas Chiellini.

(football italia)