FOLLOW US:


Media Italia Bikin Judul Headline Berbau Rasis, Klub-Klub Top Serie A Kompak Melawan

06-12-2019 02:53

 | Ari Prayoga

Media Italia Bikin Judul Headline Berbau Rasis, Klub-Klub Top Serie A Kompak Melawan
Inter Milan vs AS Roma © Bola.net

Bola.net - Sejumlah klub Serie A menunjukkan perlawanan terhadap media Corriere dello Sport yang merilis edisi dengan menampilkan judul headline berbau rasis.

Dalam edisi Kamis (5/12/2019), Corriere dello Sport memasang duel akbar Inter Milan vs AS Roma sebagai tajuk utama mereka dengan foto Romelu Lukaku dan Chris Smalling sebagai cover.

Masalahnya, Corriere dello Sport melabeli duel reuni sesama eks Manchester United itu dengan tajuk 'Black Friday'. Hal ini tentu mengundang kontroversi soal pemilihan kata.

1 dari 2

Perlawanan Sejumlah Klub

Judul headline kontroversial ini pun memancing reaksi dari sejumlah klub papan atas Serie A, mulai dari AS Roma, Inter Milan, AC Milan, hingga Fiorentina.

Lewar akun Twitter resmi mereka, Roma menyindir ulah Corriere dello Sport, sedangkan Fiorentina hanya memasang kata, "Tak bisa berkata-kata,"

Inter sendiri memilih menyebarkan pesan perdamaian, "Sepak bola adalah semangat, budaya, dan persaudaraan. Kami akan dan selalu melawan segala bentuk diskriminasi,"

Sementara itu, Milan menulis, "Benar-benar tidak bisa diterima melihat tindakan ketidakpedulian terhadap rasisme seperti ini. Kami tak akan diam menyikapi isu ini,"

2 dari 2

Aksi Lanjutan Roma dan Milan

Selang beberapa lama, Roma dan Milan memutuskan adanya tindakan lanjutan terhadap masalah ini, yakni berupa penolakan kerja sama dengan Corriere dello Sport.

"Kami percaya bahwa pemain, klub, suporter, dan media harus bersatu dalam perlawanan terhadap rasisme di sepak bola dan kami semua bertanggung jawab untuk sangat tepat dalam memilih kata dan pesan yang kami kirimkan," demikian bunyi pernyataan di laman resmi kedua klub.

"Sebagai respons terhadap headline 'Black Friday' yang diterbitkan hari ini, Milan dan Roma memutuskan untuk melarang Corriere dello Sport dari fasilitas latihan ini hingga akhir tahun dan para pemain kami tak akan melakukan aktivitas media apa pun dengan mereka dalam periode ini,"

"Kedua klub sadar bahwa artikel surat kabar bertajuk 'Black Friday' yang sebenarnya memuat pesan antirasis dan karena itu, kami hanya melarang Corriere dello Sport hingga Januari,"

"Kami akan terus berkomitmen untuk melawan rasisme."

Sumber: Twitter