FOLLOW US:


Ronaldo Ungkap Dua Alasannya Tinggalkan Inter dan Hijrah ke Madrid

12-02-2020 20:45

 | Dimas Ardi Prasetya

Ronaldo Ungkap Dua Alasannya Tinggalkan Inter dan Hijrah ke Madrid
Ronaldo saat masih di Inter Milan © AFP

Bola.net - Legenda sepak bola Brasil Ronaldo mengaku dua alasannya meninggalkan Inter Milan adalah Massimo Moratti dan Hector Cuper.

Inter dengan cukup susah payah merekrut Ronaldo pada tahun 1997 silam dari Barcelona. Mereka kala itu membelinya seharga 27 juta dolar Amerika

Ronaldo langsung bisa beradaptasi dengan sepak bola Italia. Ia mampu mencetak 25 gol di musim perdananya dan kemudian menjadi pemain terbaik Serie A.

Ronaldo bahkan kemudian mampu memenangkan Ballon d'Or selama di Inter Milan. Sayangnya ia kemudian banyak didera cedera yang membuatnya kerap absen dan tak bisa mengeluarkan kemampuannya secara maksimal.

1 dari 2

Ultimatum untuk Moratti

Akan tetapi pada tahun 2002, Ronaldo akhirnya memutuskan untuk angkat kaki dari Inter Milan. Ia kembali ke Spanyol dan memperkuat Real Madrid.

Ronaldo kemudian mengungkapkan apa alasannya hengkang dari Inter meski sebenarnya bahagia di klub tersebut. Ia mengaku terpaksa pindah karena konflik dengan pelatih Inter saat itu yakni Hector Cuper dan tak adanya dukungan dari Massimo Moratti, presiden klub kala itu.

“Di Milan saya sangat bahagia. Saya merasakan kasih sayang tanpa syarat dari para penggemar dan dari seluruh dunia,” kata Ronaldo kepada DAZN.

“Kami memiliki Cuper sebagai pelatih, tetapi saya tidak bisa melanjutkan karir di sana. Saya berbicara dengan Moratti dan saya berkata kepadanya: 'apakah ia yang pergi atau saya pergi, kita tidak bisa melanjutkan'," ungkapnya.

“Kisah saya dengan Inter berakhir buruk, ia lebih suka Cuper daripada saya. Kisah saya dengan Real Madrid dimulai di sana,” sambungnya.

2 dari 2

Beda Nasib

Ronaldo hengkang ke Real Madrid dengan transfer mencapai 25 juta euro. Sebagai gantinya, Inter Milan mendatangkan Hernan Crespo dari Lazio.

Inter sendiri sempat melaju ke semifinal Liga Champions pada musim 2002-03. Namun mereka kalah dari AC Milan di babak tersebut.

Sementara itu Ronaldo meraih sukses bersama Real Madrid di mana ia sukses menjadi juara La Liga. Sementara itu Hector Cuper dipecat oleh Massimo Moratti dari kursi pelatih Inter Milan pada Oktober 2003 setelah klub itu menjalani start yang buruk pada awal musim 2003-04.

(dazn)