FOLLOW US:


Sir Alex di Manchester United, Gian Piero Gasperini di Atalanta

15-02-2020 22:43

 | Asad Arifin

Sir Alex di Manchester United, Gian Piero Gasperini di Atalanta
Pelatih Atalanta, Gian Piero Gasperini © AP Photo

Bola.net - Gian Piero Gasperini punya catatan karir yang manis bersama Atalanta. Bahkan, kini dia bertekad untuk bisa menjadi Sir Alex Ferguson-nya Atalanta dengan bertahan untuk waktu yang lama di klub.

Ferguson merupakan nama besar dalam pentas sepak bola dunia. Pria asal Skotlandia tersebut punya nama yang masyhur di Manchester United. Dia akan terus dikenang sebagai legenda di Old Trafford.

Ferguson memulai karirnya sebagai manajer Manchester United pada 1986. Sempat kesulitan di awal, Ferguson membangun United menjadi tim papan atas Eropa. Banyak gelar juara mampu diraihnya.

Ferguson baru menutup lembaran karir sebagai manajer United pada 2013 lalu. Lebih dari seperempat abad dia berkuasa di Old Trafford. Tidak banyak pelatih dengan masa bakti yang panjang di satu klub seperti Ferguson.

1 dari 2

Gian Piero Gasperini, Ferguson-nya Atalanta

Jika dibanding Sir Alex Ferguson, nama Gian Piero Gasperini tentu belum ada level yang sama. Mantan pelatih Inter Milan tersebut belum lama menjadi pelatih Atalanta. Dia mulai menjalankan tugas di Bergamo pada 2016 lalu.

Namun, bagi fans Atalanta, sosok bakal dikenang sebagai legenda. Nama Gasperini akan dicatat dengan tinta emas dalam sejarah klub.

"Saya bisa melihat diri saya akan bertahan lama di Atalanta, seperti Sir Alex Ferguson di Manchester United," ucap Gasperini kepada La Gazzetta dello Sport.

"Saya telah menjadi bagian dari kota ini dengan sempurna dan merasa sangat betah. Saya sungguh merasa istimewa berada di sini, jadi tidak akan mudah untuk memisahkan saja dengan situasi ini," kata Gasperini.

Gasperini memang belum memberikan gelar juara untuk Atalanta. Tetapi, dia membawa klub pada level tertinggi yang pernah dicapai klub: lolos ke Liga Champions. Gasperini membawa La Dea bermain di Liga Champions musim 2019/2020 ini.

2 dari 2

Peluang ke Perempat Final Liga Champions

Langkah Atalanta di Liga Champions musim 2019/2020 bukan hanya numpang lewat. Mereka mampu lolos dari fase grup ke babak 16 Besar. Pada babak ini, Josip Ilicic dan kawan-kawan akan berjumpa Valencia. Rasa optimis diumbar Gasperini.

“Selama bertahun-tahun, kami telah memainkannya satu per satu dan menyesuaikan target kami. Di Liga Champions, kami berada dalam posisi di mana kami memiliki kesempatan untuk lolos dan itu akan menjadi fantastis," kata Gasperini.

"Valencia adalah lawan yang tangguh, kami memiliki kesempatan untuk menulis halaman baru di buku-buku sejarah Atalanta dan itu akan menjadi mimpi untuk masuk ke perempat final Liga Champions," tambah Gasperini.

Di bawah kendali Gasperini, Atalanta tidak diperkuat banyak pemain bintang dan tidak punya dana besar untuk belanja pemain. Namun, Gasperini membangun Atalanta dengan kekuatan kolektivitas.

Sumber: La Gazzetta dello Sport