Hindari Virus Corona, Pahami Cara-Cara Jaga Daya Tahan Tubuh

Anindhya Danartikanya | 23 Maret 2020 16:15
Tidur yang cukup baik untuk kesehatan. (c) VGstockstudio/Shutterstock

Bola.net - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah melabeli wabah virus Corona sebagai pandemi karena penyebarannya sudah global. Meski begitu, kita sejatinya tak perlu kelewat khawatir tertular virus bernama lain COVID-19 ini, selama melakukan instruksi untuk tetap menjaga kesehatan.

Untuk tetap sehat, imunitas tubuh harus kuat. Saat daya tahan atau kekebalan turun, tubuh rentan terkena penyakit. Seperti diketahui hingga saat ini virus Corona belum memiliki penangkal, dan satu-satunya cara kalau sudah tertular adalah dengan meningkatkan imunitas tubuh sehingga tidak sakit.

Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto, sudah mengimbau publik agar tidak panik perihal virus corona agar imunitas bisa tetap terjaga. Sejatinya, imun dalam tubuh manusia itu sendiri yang mampu melawan virus corona.

Mengacu pada Readers Digest yang menjabarkan buku 'The Secrets of People Who Never Sick', setidaknya ada empat tips agar imunitas atau daya tahan tubuh tetap terjaga untuk terhindar dari berbagai penyakit, termasuk virus Corona. Apa saja tipsnya?

1 dari 5 halaman

Punya Banyak Teman

Punya banyak teman bisa berdampak positif. Sejumlah penelitian menyimpulkan punya memiliki teman yang baik dapat melindungi kita dari berbagai masalah, mulai kehilangan ingatan hingga serangan jantung dan penyakit menular.

Sydney Kling, mantan perawat dan guru, bahkan tidak ingat kapan dia pernah sakit dalam 75 tahun hidupnya. Dia mengaku dengan terus mencari teman baru, membuat dia tetap sehat. Baginya, teman-temannya dapat meningkatkan kepercayaan dirinya, yang pada gilirannya mendukung sistem kekebalan tubuh.

2 dari 5 halaman

Rajin Mengonsumsi Protein

Orang yang mengonsumsi lebih sedikit protein memiliki sistem kekebalan yang lebih lemah. Itulah mengapa, coba untuk mengonsumsi makanan yang kaya protein setiap makan sehingga tidak rentan terhadap dinginnya AC kantor maupun tempat-tempat umum lainnya yang banyak menyebabkan orang sakit.

3 dari 5 halaman

Membiasakan Tidur Siang

Profesor Psikologi di Universitas Southern California, Sarnoff Mednick, mengungkapkan kurang tidur bisa menyebabkan penambahan berat badan, mengganggu sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan produksi kortisol, hormon yang memicu stres.

Seperti yang disebutkan oleh Gene Stone dalam bukunya, 'The Secrets of People Who Never Sick', tidur siang akan membuat orang dewasa terlindungi dari potensi pilek atau flu.

Faktanya, sampai sekitar abad ke-13 dan penemuan jam mekanis, manusia tidur siang setiap hari. Waktu terbaik untuk tidur siang adalah antara jam 13.00 hingga 15.00.

4 dari 5 halaman

Hindari Terlalu Sering Menyentuh Wajah

Kalau Anda sering melakukan aktivitas dengan tangan, seperti membuka pintu, memencet tombol bahkan menggigit kuku, mulai sekarang hentikan mengusap muka Anda. Pasalnya, setiap kali Anda mengusap wajah, berarti Anda memindahkan kuman berbahaya ke hidung dan mulut.

Dan Collins, yang bekerja di sebuah rumah sakit Baltimore, mengatakan kebiasaan mencuci tangan sepanjang waktu, dan menyeka dengan tisu bersih setelah membuka pintu atau menyentuh tombol lift dapat membunuh kuman dan bakteri.

Selain itu, jika ada bagian tubuh yang gatal, sebaiknya jangan digaruk kecuali sudah membersihkan jari terlebih dahulu. Sebagai gantinya, gunakan buku jari atau punggung tangan karena area ini memiliki lebih sedikit kontak dengan kuman daripada ujung jari.

Disadur dari: Bolacom/Penulis: Aning Jati/Editor: Aning Jati/Dipublikasi: 20 Maret 2020

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR