Penting, Pahami Perbedaan Antara Gejala COVID-19 dan Alergi

Anindhya Danartikanya | 23 Maret 2020 15:15
Waspadai gejala pneumonia. (c) iStockPhoto

Bola.net - Data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa pandemi virus Corona (COVID-19) masih belum menunjukkan tanda bakal mereda, sekalipun daerah di mana virus ini kali pertama muncul, Wuhan, sudah mulai terkendali.

Hal itu menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Informasi perihal COVID-19 mendapat perhatian. Banyak yang ingin mengetahui lebih banyak perihal virus satu ini, termasuk bagaimana gejala penyakit COVID-19.

Merasa sedikit tak enak di tenggorokan, bahkan bersin sekalipun dapat memicu kekhawatiran tentang gejala klinis virus Corona. Terutama bagi penderita alergi atau asma yang gejalanya hampir mirip.

Seperti dilansir dari Huffpost.com, Kamis (19/3/2020), kendati alergi musiman dan virus Corona covid-19 memiliki gejala tertentu yang mirip, seperti sesak napas dan batuk, ada beberapa tanda lain yang membedakan keduanya. Contohnya demam, gejala pembeda yang paling nyata, karena seseorang dengan alergi tidak akan mengalami demam sama sekali.

Banyak kasus COVID-19 yang terdokumentasi dikaitkan dengan suhu tubuh yang tinggi. Tidak ada yang pasti, namun sebagian besar kasus COVID-19 memiliki demam sebagai gejalanya.

1 dari 3 halaman

Riwayat Alergi

Selain itu, gatal juga sama sekali tidak terkait dengan COVID-19 dan virus Corona dapat menyebar dari orang ke orang. Alergi tidak seperti itu. Ada juga durasi gejalanya.

Virus Corona dapat bertahan selama beberapa minggu. Sedangkan alergi dapat bertahan lebih lama dari itu, ada beberapa orang yang menderita alergi sepanjang tahun.

Satu di antara cara agar tetap sadar terhadap gejala yang dialami adalah mengingat riwayat di masa lalu dengan alergi.

2 dari 3 halaman

Pahami Pola Alergi

Pertimbangkan pola alergi Anda. Para ahli percaya peradangan dan masalah pada saluran udara seseorang dapat meningkatkan risiko orang tersebut untuk terinfeksi.

Tindakan pencegahan yang layak dilakukan adalah agar mematuhi imbauan yang ada, seperti menjaga jarak sosial, mencuci tangan, dan rajin membersihkan permukaan barang-barang yang sering disentuh.

Tindakan-tindakan ini harus kerap dilakukan demi menghindari serangan virus Corona COVID-19. Merawat tubuh agar tidak terkena alergi adalah langkah yang sangat penting untuk mengurangi risiko infeksi virus Corona.

Intinya, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menurunkan risiko infeksi diri sendiri dan orang lain, salah satunya adalah merawat kondisi kesehatan yang ada saat ini dan pastikan untuk mendapatkan vaksin, seperti vaksin flu.

Disadur dari: Bolacom/Penulis: Aning Jati/Editor: Aning Jati/Dipublikasi: 21 Maret 2020

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR