Waspadai Ciri-Ciri Umum Orang Terinfeksi Virus Corona

Anindhya Danartikanya | 23 Maret 2020 13:40
Ilustrasi sampel darah pasien virus corona. (c) Shutterstock

Bola.net - Perkembangan pengidap penyakit COVID-19 yang disebabkan virus Corona jenis SARS-CoV-2 di Indonesia mengalami peningkatan. Per Minggu (22/3/2020), total kasus di Indonesia mencapai 514. Jumlah itu diperkirakan akan bertambah.

Saat ini korban meninggal akibat COVID-19 yang disebabkan virus Corona SARS-CoV-2 di Indonesia sudah mencapai 48 orang. Tindakan pencegahan sangat perlu dilakukan agar kasus baru COVID-19 bisa diredam.

Berbagai gerakan, seperti ajakan untuk rajin mencuci tangan, menjauhi berada di tempat-tempat umum, mengenakan masker bagi mereka yang merasa kurang sehat, hingga imbauan bekerja dari rumah terus digalakkan.

Secara global, sesuai data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sudah 294 ribu orang lebih di 186 negara terjangkit virus Corona SARS-CoV-2. WHO sudah menyatakan wabah virus Corona SARS-CoV-2 sebagai pandemi.

Virus Corona SARS-CoV-2 bisa menginfeksi semua lapisan usia, tua muda, dewasa, anak-anak, bayi, pria dan wanita. Bahkan, orang yang terlihat sekalipun bisa terkena virus yang kali pertama ditengarai muncul di Wuhan, China ini.

Alhasil, penting bagi masyarakat untuk mengetahui seperti apa ciri orang yang terinfeksi atau terjangkit virus Corona SARS-CoV-2 yang satu keluarga dengna virus penyebab MERS dan SARS ini.

Berikut ciri-ciri umum orang yang terkena virus Corona SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

1 dari 5 halaman

3 Ciri Umum

Seperti dilansir dari laman Alo Dokter, Senin (23/3/2020), ada tiga ciri umum seseorang terinfeksi virus Corona, yakni mengalami demam, batuk, dan sesak napas.

Secara khusus, seseorang yang terjangkit virus Corona akan mengalami gejala flu, seperti demam, pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan sakit kepala, atau gejala penyakit infeksi pernapasan berat, seperti demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada.

Menurut penelitian, gejala penyakit COVID-19 muncul dalam waktu dua hari sampai dua minggu setelah terjangkit virus Corona, di antaranya sebagai berikut:

2 dari 5 halaman

Demam

Demam merupakan gejala dari berbagai kondisi dan penyakit. Demam ditandai dengan meningkatnya suhu tubuh lebih dari 38 derajat celcius. Sementara suhu normal berkisar 36,1 hingga 37,2 derajat.

Biasanya, demam akan disertai gejala lain akibat kondisi yang mendasarinya. Beberapa di antaranya, semisal sakit kepala, berkeringat, menggigil, lemas, nyeri otot, dan kehilangan nafsu makan.

3 dari 5 halaman

Batuk

Virus Corona merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan. Satu di antara dari ciri orang terinfeksi virus ini adalah mengalami batuk.

Terinfeksi virus ini bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.

4 dari 5 halaman

Sesak Napas

Virus Corona yang menjangkiti seseorang bisa menyebabkan penderita mengalami sesak napas atau dispnea.

Dispnea merupakan kondisi di mana seseorang kesulitan untuk bernapas, muncul perasaan seperti tercekik dan dada terasa sempit.

Disadur dari: Bolacom/Penulis: Aning Jati/Editor: Aning Jati/Dipublikasi: 23 Maret 2020

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR