FOLLOW US:


Merasa Kurang Sehat? Lakukan Hal-Hal Ini demi Tangkal Virus Corona

26-03-2020 10:50

 | Anindhya Danartikanya

Merasa Kurang Sehat? Lakukan Hal-Hal Ini demi Tangkal Virus Corona
Ilsutrasi penggunaan masker. © Pexels.com/Cottonbro

Bola.net - Pemerintah Indonesia lewat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah mengimbau seluruh warganya untuk mulai menerapkan karantina mandiri menyusul merebaknya virus Corona (Covid-19). Tak cukup itu, upaya physical distancing juga terus digaungkan demi meredam penyebaran virus yang punya nama lain SARS-CoV-2 ini.

Dengan membatasi aktivitas di luar rumah termasuk menjaga jarak fisik (physical distancing) saat terpaksa harus berada di tempat keramaian, diharapkan bisa memperkecil risiko penyebaran virus Corona. Kemenkus pun menggaungkan gerakan #yukdirumahsaja.

Kemenkes mengimbau agar mereka yang merasa kurang sehat, agar dengan kesadaran sendiri, membatasi kegiatan di luar rumah, seperti tidak ke kantor untuk bekerja atau ke sekolah. Mereka diminta secara sukarela untuk tinggal di rumah masing-masing.

Apa yang dianggap kurang sehat oleh Kemenkes itu, seperti dilansir dari Instagram resmi Kemenkes, Jumat (20/3/2020), yakni jika seseorang mengalami seperti demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan sesak napas. Jika merasakan hal-hal seperti ini, ada baiknya beristirahat dan tidak memaksakan untuk keluar rumah.

Selain beristirahat cukup, Kemenkes memberikan panduan lainnya, hal apa saja yang harus dilakukan saat merasa kurang sehat di rumah.

1 dari 2

Langkah-Langkah yang Harus Dilakukan di Rumah

  • Selalu gunakan masker. Ganti setiap hari dan langsung buang ke tempat sampah tertutup, kemudian cuci tangan dengan benar
  • Konsumsi makanan bergizi, istirahat cukup
  • Upayakan ruang terpisah dengan anggota keluarga yang lain dan jaga jarak dengan orang sehat minimal 1 meter.
  • Hindari pemakaian bersama alat makan (piring, sendok, garpu, dan gelas). Cuci alat makan dengan air dan sabun.
  • Tetap di rumah dan mudah dihubungi. Jika terpaksa harus keluar rumah, gunakan masker, serta hindari kerumunan atau keramaian.
  • Jaga kebersihan rumah dan gunakan cairan disinfektan.
  • Hubungi fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

Disadur dari: Bolacom/Penulis: Aning Jati/Editor: Aning Jati/Dipublikasi: 20 Maret 2020

2 dari 2

Video: Cara Membuat Hand Sanitizer dari BPOM