FOLLOW US:


Ragam Manfaat Grapefruit untuk Tubuh, Bisa Cegah Penuaan Dini

19-05-2020 09:45

 | Anindhya Danartikanya

Ragam Manfaat Grapefruit untuk Tubuh, Bisa Cegah Penuaan Dini
Grapefruit © drnibber.com

Bola.net - Grapefruit merupakan salah satu buah yang berasal dari keluarga jeruk. Buah ini cukup mirip dengan jeruk bali. Meski belum terlalu populer di Indonesia, grapefruit memiliki kandungan nutrisi yang dapat menyehatkan tubuh.

Buah grapefruit berbentuk bulat selayaknya jeruk lainnya, namun memiliki ukuran yang lebih besar dan memiliki warna merah pada dagingnya. Rasanya yang manis dan sedikit asam menjadikannya buah favorit bagi beberapa kalangan.

Seperti halnya berbagai jenis jeruk lainnya, grapefruit dapat dinikmati dengan berbagai cara, mulai mengonsumsinya secara langsung atau diperas dan diminum ekstraknya.

Dengan kandungan nutrisinya seperti, vitamin C, vitamin A, dan berbagai macam mineral seperti potasium dan juga natrium, buah ini sering dikonsumsi sebagai penghalang berbagai jenis penyakit.

Kandungan vitamin C yang cukup kaya pada grapefruit juga dapat membantu Anda terhindar dari flu dan demam, karena dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ada beberapa manfaat grapefruit yang perlu Anda cermati, beberapa di antaranya dapat mencegah penuaan dini dan menyehatkan jantung.

Berikut rangkuman dari berbagai sumber, enam manfaat grapefruit bagi kesehatan tubuh.

1 dari 7

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sama jenis buah jeruk lainnya, grapefruit atau jeruk bali juga kaya akan kandungan vitamin C, yang sangat ampuh dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.

Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, Anda dapat terhindar dari flu dan berbagai macam jenis penyakit lainnya.

Anda dapat mengonsumsi grapefruit secara langsung atau dengan cara membuatnya sebagai jus, usahakan untuk tidak terlalu banyak memberikan bahan tambahan di dalamnya.

2 dari 7

Mengandung Antioksidan

Seperti halnya kebanyakan buah segar lainnya, grapefruit mengandung sifat antioksidan yang cukup banyak berkat kandungan vitamin C dan beta karoten dalam grapefruit.

Antioksidan yang terkandung dalam buah ini dapat menghindarkan kerusakan sel akibat dari radikal bebas. Selain itu beta karoten dapat membantu menghindarkan tubuh terkena berbagai penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

3 dari 7

Menjaga Kesehatan Rambut

Untuk mendapatkan manfaat dari grapefruit, Anda bisa mengonsumsinya secara langsung, membuatnya sebagai jus, atau diproses sedemikian rupa hingga menjadi minyak.

Minyak esensial yang dihasilkan oleh grapefruit dapat membantu dalam menjaga kesehatan rambut. Rambut yang terjaga kesehatannya akan menurunkan risiko rambut rontok yang berkelanjutan.

4 dari 7

Mencegah Resistensi Insulin

Mengonsumsi grapefruit secara rutin dapat membantu untuk mencegah resistensi insulin. Insulin adalah hormon yang bertugas mengontrol kadar gula dalam darah.

Jika resistensi insulin terjadi, kadar gula dalam darah tidak dapat terkontrol dan menimbulkan berbagai macam penyakit, seperti diabetes.

Untuk menghindari resistensi insulin yang berkepanjangan, Anda dapat menambahkan grapefruit ke dalam menu diet sehari-hari.

5 dari 7

Mencegah Penuaan Dini

Seiring bertambahnya usia pada seseorang, akan muncul tanda-tanda penuaan, seperti kulit keriput dan tidak terlihat kencang. Hal tersebut karena adanya penurunan elastis pada kulit.

Untuk mencegah penuaan dini, Anda dapat mengonsumsi grapefruit. Buah ini mengandung kalium yang dapat mengatasi garis-garis halus pada wajah dan mengurangi kerutan.

Selain itu menggunakan grapefruit sebagai masker dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV, yang dapat merusak permukaan kulit.

6 dari 7

Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga kesehatan jantung bisa dilakukan dengan berbagai cara, satu di antaranya mengonsumsi buah grapefruit. Mengonsumsi buah ini dapat membantu pemeliharaan kesehatan jantung.

Hal ini karena grapefruit mengandung mineral potasium yang cukup tinggi. Potasium bertugas menghindarkan jantung dari berbagai penyakit.

Disadur dari: Bolacom (Rheza Aditya Gradianto, Aning Jati) | Dipublikasi: 12 Mei 2020

7 dari 7

Video: 6 Jenis Masker Beserta Fungsinya untuk Cegah Virus Corona