FOLLOW US:


Ragam Manfaat Ubi Ungu untuk Tubuh, Bisa Stabilkan Gula Darah

18-05-2020 16:25

 | Anindhya Danartikanya

Ragam Manfaat Ubi Ungu untuk Tubuh, Bisa Stabilkan Gula Darah
Ubi ungu © Shutterstock/P-fotografi

Bola.net - Ubi ungu atau purple sweet potato merupakan umbi-umbian yang berasal dari Amerika dan dikembangkan di Jepang. Terkait rasa, ubi ungu memiliki rasa yang bervariasi seperti manis, agak manis, agak pahit, dan pahit. Secara biologis, ubi ungu dan kentang masih berada dalam satu keluarga.

Warna ungu pada ubi terjadi karena tanaman golongan umbi-umbian ini kaya zat yang bernama anthocyanin, yang aman dikonsumsi oleh manusia.

Beragam nutrisi terkandung dalam ubi ungu, seperti kalsium, magnesium, potasium, fosfor, sodium, zat besi, dan kalium. Ubi ungu juga mengandung vitamin seperti B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B9 (folat), vitamin E, vitamin K, dan vitamin A.

Ubi ungu mentah kaya karbohidrat kompleks. Ada beberapa manfaat ubi ungu yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Anda bisa mendapatkan manfaat ubi jalar ungu dengan merebus atau menambahkannya pada olahan makanan lain.

Ubi ungu juga rendah lemak sehingga aman dikonsumsi jika Anda sedang diet dan dapat dicerna dengan mudah oleh tubuh. Berikut rangkuman dari berbagai sumber, manfaat ubi ungu bagi kesehatan.

1 dari 6

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ubi ungu berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Mengonsumsi ubi ungu juga bisa menangkal radikal bebas.

Hal ini berdampak positif untuk pemecahan senyawa-senyawa yang beracun, sehingga tubuh tidak mudah sakit. Kandungan antosianin dan polifenol yang ada di dalam ubi ini mampu merangsang tubuh untuk mengeluarkan racun dari tubuh.

2 dari 6

Mengurangi Berat Badan

Ubi ungu sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Ubi ungu memiliki kandungan serat yang tinggi.

Mengonsumsi ubi ungu akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Kandungan antosianin di dalam ubi ungu bisa memengaruhi metabolisme pencernaan sehingga penurunan berat badan cenderung lebih mudah dicapai.

Anda bisa mengonsumsi ubi ungu tanpa takut kandungan lemak atau karbohidrat yang tinggi.

3 dari 6

Antikanker

Ubi ungu memiliki jumlah komponen antikanker yang tinggi. Sifat antioksidan yang ada dalam ubi ungu dapat mengurangi risiko kanker.

Kandungan karotenoid yang terkandung dapat menetralkan radikal bebas sehingga menurunkan risiko kanker lambung, ginjal, usus besar, dan payudara.

Perlu diingat, sifat antikanker tersebut hanya berlaku jika ubi ungu dalam keadaan segar.

4 dari 6

Menstabilkan Gula Darah

Bagi penderita diabetes tipe 2, mengonsumsi ubi ungu telah terbukti membantu menurunkan gula darah. Ubi ungu kaya kandungan flavonoid.

Kandungan flavonoid bisa mengurangi stres oksidatif dan resistensi insulin dengan melindungi sel-sel penghasil insulin di hati yang akan berdampak buruk bagi penderita diabetes tipe 2.

Ubi ungu memiliki indeks glikemik 24, artinya karbohidrat dipecah menjadi gula secara perlahan, menghasilkan pelepasan energi yang stabil alih-alih lonjakan gula darah.

5 dari 6

Menjaga Kesehatan Usus

Karbohidrat kompleks dan sumber pati yang baik yang ada di dalam ubi ungu mampu meningkatkan jumlah bifidobacteria. Bifidobacteria adalah bakteri usus yang menguntungkan, dalam simulasi lingkungan usus besar.

Selain itu, serat moderat pada ubi ini dapat merangsang gerakan peristaltik di usus kecil, yang dapat meringankan gejala sembelit, kembung, keram, dan sakit perut. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit radang usus dan kanker usus karena sifat antiinflamasi di dalamnya.

Disadur dari: Bolacom (Alfi Yuda, Aning Jati) | Dipublikasi: 14 Mei 2020

6 dari 6

Video: 6 Jenis Masker Beserta Fungsinya untuk Cegah Virus Corona