FOLLOW US:


Bisa Cegah Sembelit, Pahami 10 Manfaat Air Putih Hangat

15-05-2020 15:40

 | Anindhya Danartikanya

Bisa Cegah Sembelit, Pahami 10 Manfaat Air Putih Hangat
Air putih © Pexels/Lisa

Bola.net - Air adalah nutrisi penting yang membantu melancarkan sistem kerja organ tubuh. Tubuh manusia terdiri dari 60% air. Pada saat puasa seperti sekarang, tubuh kehilangan air dan akan lebih dehidrasi. Air putih hangat menjadi jenis minuman yang baik bagi kesehatan dan direkomendasikan untuk menemani buka puasa.

Meski mungkin tak terasa menyegarkan seperti minuman dingin, konsumsi air putih hangat pada saat buka puasa setelah perut kosong seharian, bermanfaat bagi pencernaan. Seperti makanan, sebaiknya kita tidak sembarangan memilih jenis minuman untuk buka puasa selama bulan Ramadhan.

Hal itu karena saat puasa, tubuh mengalami perubahan kebiasaan makanan yang bisa berpengaruh pada sistem pencernaan sehingga tak jarang malah banyak orang mengalami konstipasi, diare, dan gangguan pencernaan lainnya saat puasa.

Konsumsi makanan dan minuman yang penting saat buka atau sahur menjadi kunci agar kita bisa menjalankan ibadah puasa tanpa gangguan kondisi kesehatan. Berikut 10 manfaat minum air putih hangat saat buka puasa untuk kesehatan tubuh.

1 dari 11

Menyehatkan sistem pencernaan

Mengonsumsi air putih hangat saat buka puasa bisa membantu menenangkan dan mengaktifkan saluran pencernaan karena air putih hangat bisa menghidrasi kulit.

Air putih hangat bisa membantu menyehatkan sistem pencernaan, karena air merupakan pelumas untuk membuat makanan yang dicerna ke tubuh, mengalir dengan lancar dari perut menuju ke usus.

2 dari 11

Menjaga sistem saraf

Manfaat minum air putih hangat pada saat buka puasa bisa membantu menjaga sistem saraf pada tubuh. Minum air putih hangat bisa membantu menenangkan sistem saraf, dan melumasi tubuh, yang seharian dehidrasi karena berpuasa.

Sistem saraf yang dehidrasi, bisa mengalami peradangan dan menimbulkan nyeri. Selain itu, dehidrasi dapat menyebabkan migrain dan sakit kepala. Minum air hangat saat berbuka dapat mengatasi penyakit ini dengan efektif.

3 dari 11

Mencegah sembelit

Mengonsumsi air putih hangat pada saat buka puasa bisa membantu mencegah sembelit, yang sering terjadi karena sistem pencernaan tidak lancar. Minum segelas air hangat saat perut kosong, bisa membantu menghilangkan akumulasi limbah pada tubuh, dan membantu penyerapan nutrisi lebih cepat.

Minum air hangat saat buka puasa, membantu usus berkontraksi sehingga akan membantu mencegahnya sembelit.

4 dari 11

Mencegah dehidrasi

Pada saat puasa, tubuh akan mengalami dehidrasi, karena kekurangan cairan pada tubuh. Manfaat meminum air putih saat buka puasa, bisa membantu tubuh agar tidak dehidrasi. Mengonsumsi air sangat diperlukan tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Biasakanlah mengonsumsi air hangat, pada saat keadaan perut kosong, untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mencegah terserang penyakit.

5 dari 11

Membantu menurunkan berat badan

Saat puasa merupakan waktu yang tepat untuk menurunkan berat badan. Mengonsumsi air hangat saat buka puasa bisa membantu menurunkan berat badan.

Air hangat bisa membantu mengontrol suhu tubuh, mengaktifkan metabolisme tubuh, dan membuat tubuh sehat. Mengonsumsi air putih membantu tubuh menyerap nutrisi dan membantu membuang limbah pada tubuh.

Minum air putih juga bisa membantu perut menahan rasa lapar sehingga bisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

6 dari 11

Meningkatkan sirkulasi darah

Manfaat mengonsumsi air putih hangat pada saat bulan puasa yang selanjutnya, bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah. Air hangat merupakan vasodilator, yang bisa memperlancar atau meningkatkan sirkulasi darah.

Sirkulasi darah yang lancar bisa membantu otot rileks dan mengurangi rasa sakit. Aliran darah atau sirkulasi darah yang sehat, bisa membantu mencegah berbagai macam penyakit, seperti mencegah penyakit jantung.

7 dari 11

Membantu menghilangkan stres

Pada saat menjalani bulan puasa, beberapa orang bisa saja terkena stres. Tetapi, mengonsumsi air hangat bisa membantu menghilangkan stres. Air putih hangat bisa membantu meningkatkan fungsi sistem saraf pusat, yang berperan untuk menenangkan tubuh, serta membantu tubuh untuk lebih rileks.

Memiliki tubuh yang rileks bisa membantu mengurangi tingkat stres, membantu menghilangkan kecemasan karena air putih bisa menyegarkan pikiran.

8 dari 11

Mencegah keracunan

Mengonsumsi air putih hangat saat buka puasa bisa membantu proses detoksifikasi pada tubuh dan membuang racun di dalam tubuh. Mengonsumsi air putih hangat bisa membantu menaikkan suhu tubuh seseorang, kemudian menjadikan tubuh berkeringat.

Tubuh yang berkeringat sama saja seperti mengeluarkan racun dalam tubuh, melalui pori-pori yang terdapat pada kulit. Racun tubuh juga bisa keluar melalui urin, sehingga konsumsilah air putih hangat untuk membantu mencegah keracunan.

9 dari 11

Membantu tubuh lebih berenergi

Menjalankan ibadah puasa bagi seseorang terkadang membuat tubuh lemas dan tidak semangat berenergi. Rajin mengonsumsi air putih hangat bisa membantu membuat tubuh berenergi dan tentunya tubuh tidak akan mudah lelah.

10 dari 11

Mencerahkan Kulit

Pada saat puasa, kulit cenderung lebih kusam karena tubuh dehidrasi dan kekurangan cairan. Untuk membuat kulit menjadi lebih cerah, konsumsilah air putih hangat pada saat buka puasa maupun saat sahur. Air putih hangat bisa membantu menghidrasi kulit jika rajin mengonsumsinya.

Sumber: Liputan6 (Anugerah Ayu Sendari, Rizky Mandasari) | Disadur dari: Bolacom (Aning Jati) | Dipublikasi: 9 Mei 2020

11 dari 11

Video: Cara Mencuci Tangan Anjuran WHO untuk Cegah Virus Corona