FOLLOW US:


3 Formasi Maut PSG dengan Cristiano Ronaldo, Duet Bareng Neymar dan Mbappe

13-08-2020 14:07

 | Aga Deta

3 Formasi Maut PSG dengan Cristiano Ronaldo, Duet Bareng Neymar dan Mbappe
Pemain Juventus, Cristiano Ronaldo. © AP Photo

Bola.net - Rumor soal kepergian Cristiano Ronaldo dari Juventus semakin menguat. Menurut laporan, Ronaldo bisa melanjutkan kariernya bersama Paris Saint-Germain (PSG).

Kapten Timnas Portugal itu bergabung dengan Juventus pada bursa transfer musim panas 2018. Cristiano Ronaldo ditebus I Bianconeri dari Real Madrid dengan banderol yang mencapai 100 juta euro.

Bersama Juventus, Cristiano Ronaldo menjadi sosok andalan di lini serang. Ronaldo berhasil mendulang 65 gol dari 89 pertandingan di seluruh ajang. Selain itu, dia juga membantu La Vecchia Signora merengkuh dua trofi Serie A dan satu gelar Supercoppa Italiana.

Meski begitu, Cristiano Ronaldo tak terlalu kerasan berada di Juventus. Apalagi, I Bianconeri kesulitan bersaing dalam merengkuh trofi juara Liga Champions.

Pada musim ini, langkah Juventus harus terhenti pada 16 besar, setelah kalah agresivitas gol tandang dari Olympique Lyon (agregat 2-2). Situasi tersebut membuat Cristiano Ronaldo ingin hengkang dari Juventus dan melanjutkan kariernya ke klub lain.

Mantan pemain Real Madrid itu disebut-sebut tertarik melanjutkan kariernya bersama Paris Saint-Germain. Bahkan media Prancis, France Football, mengklaim Cristiano Ronaldo seharusnya bisa berseragam PSG pada musim dingin kemarin.

Akan tetapi, pandemi COVID-19 membatalkan realisasi tersebut sehingga dia bertahan di Juventus. Gagal hengkang ke Paris Saint-Germain membuat Ronaldo kecewa.

Meski begitu, dia masih berpeluang untuk bergabung dengan PSG. Seperti dilansir Footmercato, agen Ronaldo, Jorge Mendes, akan bertemu dengan Direktur Les Parisiens, Leonardo, di Lisbon untuk membahas detail transfer sang megabintang.

Akan tetapi, proses transfer Cristiano Ronaldo ke PSG tidak akan mudah. Saat ini, pemain berusia 35 tahun itu masih terikat kontrak bersama Juventus hingga 30 Juni 2022 dan menerima gaji 30 juta euro per tahun.

Jika terwujud, maka lini serang PSG bakal menyeramkan. Akan ada Trio Mba Nero, yakni Kylian Mbappe, Neymar, dan Cristiano Ronaldo. Berikut ini prediksi bagaimana formasi Paris Saint-Germain musim depan.

1 dari 3

4-4-2

Perkiraan formasi PSG dengan Cristiano Ronaldo. (c) buildlineup
Perkiraan formasi PSG dengan Cristiano Ronaldo. (c) buildlineup

Dengan formasi 4-4-2, PSG bisa memaksimalkan betul daya dobrak di lini depan. Cristiano Ronaldo bakal kembali mengisi posis aslinya ketika masih bermain di Sporting Lisbon dan Manchester United, yakni winger. Bedanya, CR7 akan berperan sebagai inverted winger.

Sementara itu, Neymar bisa dimainkan di posisi sayap kiri. Baik Neymar dan CR7 bisa saja bertukar posisi mengingat kedua pemain memiliki kekuatan kaki kanan dan kiri sama baiknya.

Di lini depan, PSG bisa memainkan Maxim Choupo-Moting, Mauro Icardi, atau Kylian Mbappe di lini depan.

2 dari 3

4-2-3-1

Perkiraan formasi PSG dengan Cristiano Ronaldo. (c) AP Photo
Perkiraan formasi PSG dengan Cristiano Ronaldo. (c) AP Photo

Meski pelatih PSG, Thomas Tuchel, lebih menyukai formasi 4-4-2, bukan berarti ia akan saklek pada formasi tersebut. Keberadaan Ronaldo bisa dimaksimalkan dengan menerapkan strategi berbeda.

Dengan 4-2-3-1 misalnya, Cristiano Ronaldo bisa ditempatkan di posisi sayap kiri, berduet dengan Angel Di Maria di posisi sebaliknya. Sementara itu, Neymar bakal berperan sebagai penyerang lubang atau second striker.

Urusan lini tengah, Marco Verratti dan Ander Herrera bisa dimaksimalkan. Jika ingin menyeimbangkan lini tengah, Idrissa Gueye juga bisa dipasang. Itu kalau sang gelandang tidak pindah ke klub lain musim depan.

3 dari 3

4-3-3

Perkiraan formasi PSG dengan Cristiano Ronaldo. (c) buildlineup
Perkiraan formasi PSG dengan Cristiano Ronaldo. (c) buildlineup

Trio Mba Nero di lini serang akan teraplikasi secara maksimal dengan formasi 4-3-3. Formasi ini menuntut dua bek sayapnya, yakni Juan Bernat dan Thomas Meunier untuk aktif membantu penyerangan.

Di lini tengah, Angel Di Maria dan Ander Herrera akan diplot sebagai hub atau penghubung antara lini belakang dengan lini serang, serta mengkreasi serangan ke jantung pertahanan lawan. Marco Verratti wajib menjadi penyeimbang yang baik dan siap bermain lebih ke dalam membantu duet bek tengah.

Soal penyelesaian akhir, agaknya PSG tak perlu meragukan kualitas Neymar, Mbappe, dan Cristiano Ronaldo.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Gregah Nurikhsani

Published: 13 Agustus 2020

Ingin lihat jadwal pertandingan, hasil pertandingan dan highlights pertandingan Liga Champions, silakan klik di sini.

Jika kalian juga ingin melihat jadwal pertandingan, hasil pertandingan dan cuplikan pertandingan Liga Europa, silakan klik di sini.