FOLLOW US:


Ajax dan Heracles 'Mogok' Main Selama Satu Menit, Ini Penyebabnya

24-11-2019 22:24

 | Dimas Ardi Prasetya

Ajax dan Heracles 'Mogok' Main Selama Satu Menit, Ini Penyebabnya
Ajax Amsterdam © Ajax.nl/Jasper Ruh

Bola.net - Ajax Amsterdam dan Heracles menolak untuk menendang bola selama satu menit setelah kickoff di pentas Eredivisie sebagai bentuk protes atas aksi rasisme yang baru-baru ini terjadi di Belanda.

Ajax Amsterdam menjamu Heracles di laga matchday ke-14 Eredivisie, Minggu (24/11/2019). Awalnya Ajax sempat melakukan tendangan kick off.

Akan tetapi setelah itu para pemain di kedua kubu tetap berdiam diri selama satu menit penuh. Mereka justru bertepuk tangan.

Hal tersebut juga diikuti oleh wasit maupun para pemain cadangan dan jajaran pelatih di kedua tim. Demikian juga dengan para suporter di stadion.

Selama satu menit itu, papan skor menampilkan pesan “Racisme? Dan voetballen we niet!” Jika diterjemahkan, artinya “Rasisme? Maka kita tidak bermain sepakbola."

1 dari 2

Aksi Rasisme Fans Den Bosch

Aksi ini bukannya tanpa tujuan. Aksi ini dilakukan sebagai bentuk protes atas terjadinya insiden rasisme yang dialami oleh winger klub Excelsior, Ahmad Mendes Moreira.

Dalam laga melawan Den Bosch di Eerste Divisie, kompetisi sepak bola divisi kedua liga Belanda, Ahmad dihina oleh sekelompok fans tuan rumah. Akibat aksi tersebut, Ahmad sendiri akhirnya memilih meninggalkan lapangan.

Den Bosch sendiri memperburuk situasi dengan mengklaim itu bukan aksi rasisme namun para fans itu menirukan suara gagak. Namun setelah itu mereka akhirnya meminta maaf.

Kubu Excelsior sendiri juga melakukan protes serupa sebelumnya. Mereka melakukannya pada hari Jumat di laga melawan Volendam.

2 dari 2

Respon Depay dan Wijnaldum

Aksi rasisme itu kemudian mengundang reaksi dari dua bintang Timnas Belanda, Memphis Depay dan Georginio Wijnaldum.

Gelandang Liverpool, Wijnaldum, mengirim pesan anti rasisme saat merayakan golnya bersama Timnas Belanda saat melawan Estonia di laga kualifikasi Euro 2020. Ia melakukan aksi protes itu bersama Frenkie De Jong.

Sementara itu Depay mengunggah rasa kekecewaannya via Twitter. Ia merasa muak mengapa aksi rasisme terus terjadi. Ia pun mempertanyakan reaksi federasi sepak bola Belanda dan UEFA untuk menangani kasus-kasus seperti itu.

Sementara itu, laga Ajax Amsterdam vs Heracles sendiri berakhir dengan kemenangan 4-1 untuk keunggulan sang tuan rumah.

(ESPN)