FOLLOW US:


Aries Susanti Rahayu Absen dari Kejuaraan Asia Panjat Tebing 2019

31-10-2019 11:25

 | Anindhya Danartikanya

Aries Susanti Rahayu Absen dari Kejuaraan Asia Panjat Tebing 2019
Aries Susanti Rahayu © Inasgoc/Antara

Bola.net - Juara dunia panjat tebing asal Indonesia, Aries Susanti Rahayu, dipastikan absen pada Kejuaraan Panjat Tebing Asia 2019 bertajuk IFSC Asian Championship di Bogor, Jawa Barat. Aries absen karena masih memulihkan diri dari cedera jari tangan sekaligus fokus menghadapi kualifikasi Olimpiade 2020.

Kejuaraan Panjat Tebing Asia tersebut akan digelar di Stadion Pakansari Bogor, pada 6-10 November 2019. Tim panjat tebing Indonesia yang saat ini berlatih di Jakarta akan bertolak ke Bogor pada Selasa (4/10/2019).

Saat ditanya tentang Kejuaraan Panjat Tebing Asia, Aries menyatakan tak akan berpartisipasi. "Saya tidak berangkat. Fokus ke pra-olimpiade," kata Aries, saat ditemui Bola.com di area panjat tebing di kompleks Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Rabu (30/10/2019).

Pada Rabu siang dia menemui dokter untuk memeriksa kondisi jari tangannya. "Biasanya oleh dokter diberi injeksi untuk meredakan radangnya dan nyeri di jari tengah ini," imbuh Aries, yang tiba di Indonesia pada Selasa (29/10/2019) usai mengikuti Kejuaraan Dunia di China dan IFSC Climbing Inzai Jepang 2019.

1 dari 2

Kualifikasi Olimpiade

Sehari setelahnya, atlet asal Grobogan tersebut hanya menjalani latihan fisik, dengan berlari di kompleks Stadion Mandala Krida. Aries belum latihan memanjat karena ingin memulihkan dulu cedera jari tengahnya.

Setelah menemui dokter, Aries baru akan kembali berlatih pada Jumat (1/11/2019). Aries mengatakan akan melakukan persiapan sebaik-baiknya untuk menghadapi kualifikasi Olimpiade di Paris, Prancis, bulan depan. Ini akan menjadi momentum istimewa karena untuk kali pertama kualifikasi Olimpiade digelar.

Panjat tebing akan menjadi cabor baru di Olimpiade 2020. Sebelumnya, cabang olahraga itu belum pernah ditandingkan. "Fokus latihan dulu, kemudian ikut kualifikasi. Berusaha maksimal saja. Bagaimana pun hasilnya yang penting sudah usaha, ikhtiar dan berdoa. Setelah itu Allah yang menentukan," kata Aries.

Aries menunjukkan grafik positif jelang mengikuti Olimpiade pada 2020. Sebagai pemanasan, dia berhasil meraih emas pada kelas speed women di kejuaraan panjat tebing dunia IFSC World Cup di Xiamen, China, Sabtu (19/10/2019). Dia juga memecahkan rekor dunia dengan catatan waktu 6,9 detik untuk nomor speed women.

2 dari 2

Aspar dan Alfian Juga Absen

Selain Aries, dua atlet panjat tebing Indonesia lainnya juga absen pada Kejuaraan Asia di Bogor. Mereka adalah Alfian M. Fajri dan Aspar Jaelolo. Juru bicara FPTI, Teguh Supriyadi, mengatakan ketiganya absen karena ada alasan khusus.

"Aspar cedera dan harus operasi. Alfian dan Aries harus fokus ke kualifikasi Olimpiade di Prancis pada akhir November," kata Teguh kepada Bola.com, Kamis (31/10/2019).

Disadur dari: Bola.com/Penulis: Yus Mei Sawitri/Editor: Yus Mei Sawitri/Dipublikasi: 31 Oktober 2019