FOLLOW US:


PB Persani Sanggah Coret Atlet untuk SEA Games 2019 karena Tak Perawan

29-11-2019 20:39

 | Serafin Unus Pasi

PB Persani Sanggah Coret Atlet untuk SEA Games 2019 karena Tak Perawan
Ketua Umum PB Persani, Ita Yualita © Bola.net/Fitri Apriani

Bola.net - Atlet senam lantai, Shalfa Avrila Siani dicoret dari pemusatan latihan nasional (pelatnas) SEA Games 2019. Kabarnya, atlet asal Kediri itu dipulangkan karena dituduh sudah tak perawan oleh tim pelatih.

Menanggapi kabar tersebut, Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani), Ita Yualita membantah. Dia menegaskan, alasan tim pelatih tak mengikutsertakan Shalfa ke SEA Games 2019 karena prestasinya terbilang tak memenuhi standar.

“Kami pilih atlet berdasarkan prestasi dan kami sampaikan ke CdM Chef de Mission dan Menpora soal perubahan nama atlet senam yang berangkat ke SEA Games," ujar Ita dalam konferensi pers di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumat (29/11).

Lanjut Ita, sejak awal Shalfa memang menjadi pesenam pengganti. Sebab, pesenam utama yaitu Tasya Miranda terkena cedera saat mengikuti Kejuaraan Dunia di Doha.

“Karena Tasya cedera jadi diganti dengan atlet Jawa Timur, yakni Shalfa,” kata Ita.

Pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) senam, prestasi Shalfa turun dengan mencatatkan skor 21, 132 dan hanya meraih rangking 37 dari 42 nama. Dia kemudian diganti dengan Yogi Novia Ramadhani yang menorehkan skor 45, 133 dan sanggup berada di posisi ketiga.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 1

Persani Akan Investigasi

Ita menegaskan, pihak Persani akan melakukan investigasi terkait polemik yang terjadi. Ia juga sudah berkoordinasi dengan tim pelatih yang menangani kontingen cabor gimnastik terkait masalah tersebut.

"Untuk isu yang beredar, mohon maaf kami tidak bisa menanggapinya saat ini. Kami tidak tahu apakah tes keperawanan itu dilakukkan atau tidak," tuturnya.

"Kami memilih atlet berdasarkan prestasi dengan mengganti nama Shalfa menjadi Yogi," imbuh Ita.

(Bola.net/Fitri Apriani)