FOLLOW US:

10 Deal Jersey Termahal di Dunia

Selasa, 14-05-2013 06:35
10 Deal Jersey Termahal di Dunia
Perusahaan apparel berebut klub. © bola.net
Bola.net - Salah satu sumber pendapatan klub-klub besar Eropa adalah dari kontrak dengan supplier jersey mereka. Dengan menjadi supplier, sebuah brand tertentu otomatis memiliki hak untuk memasarkan jersey resmi klub yang bersangkutan.


Akhir-akhir ini harga deal jersey semakin melambung. Dengan persaingan yang semakin ketat, tak heran jika banyak brand apparel yang berani membayar mahal untuk menjadi supplier tim-tim besar.


Sebuah brand harus membayar sejumlah uang tertentu setiap tahunnya, tak peduli berapa pun jumlah jersey yang berhasil dijual. Klub juga tetap mendapat bagian dari setiap jersey yang berhasil dipasarkan.


Musim ini banyak terjadi perubahan peta klub penerima deal jersey terbesar. meski belum resmi dimulai, namun hal ini bisa dipastikan akan membuat peta kekuatan finansial klub-klub raksasa Eropa sedikit berubah.


Berikut adalah klub-klub yang mencatatkan deal jersey termahal dari produsen apparel. Data ini dihimpun dari studi sportingintelligence yang bekerjasama dengan PR Marketing. 

10 dari 10

AC Milan

AC Milan

Supplier: Adidas
Deal per tahun: 12 juta pound
Kontrak dimulai: 1998 (diperbarui pada 2007)
Kontrak berakhir: 2017

Terakhir kali Milan menandatangani kontrak jersey adalah para 2007 lalu. Besar kemungkinan Milan akan berusaha mengadakan negosiasi ulang dengan Adidas demi mendapat deal yang lebih besar beberapa waktu ke depan.

9 dari 10

Manchester City

Manchester City

Supplier: Nike
Deal per tahun: 12 juta pound
Kontrak dimulai: 2013
Kontrak berakhir: 2020

Mulai musim depan, City tak akan lagi memakai apparel dari Umbro; mereka berpindah ke Nike. Umbro saat ini dimiliki oleh Nike. Perusahaan induk memutuskan untuk mengambil alih deal di Etihad.

8 dari 10

Internazionale

Internazionale

Supplier: Nike
Deal per tahun: 15 juta pound
Kontrak dimulai: 1998 (diperbarui pada 2009)
Kontrak berakhir: 2019

Inter sudah berpartner dengan Nike selama 15 tahun. Dalam lima tahun terakhir, penjualan jersey mereka juga cukup bagus. Inter saat ini berada di peringkat sembilan dalam hal penjualan jersey resmi.

7 dari 10

Bayern Munich

Bayern Munich

Supplier: Adidas
Deal per tahun: 16 juta pound
Kontrak dimulai: 1966 (diperbarui pada 2012)
Kontrak berakhir: 2020

Agak susah membayangkan jersey Bayern dengan supplier selain Adidas. Selain karena sudah bekerjasama sejak 1966, Adidas memang memiliki saham di klub tersukses Jerman itu.

6 dari 10

Chelsea

Chelsea

Supplier: Adidas
Deal per tahun: 20 juta pound
Kontrak dimulai: 2006 (diperbarui pada 2011)
Kontrak berakhir: 2018

Chelsea sudah mengokohkan posisi mereka sebagai salah satu klub terbesar dunia. Jika dikelola dengan benar, Chelsea sebenarnya bisa tetap berprestasi besar meski tak mengandalkan dana Roman Abramovich lagi. Chelsea berada di peringkat empat dalam hal penjualan jersey terbanyak di dunia.

5 dari 10

Liverpool

Liverpool

Supplier: Warrior
Deal per tahun: 25 juta pound
Kontrak dimulai: 2012
Kontrak berakhir: 2015

Liverpool menjadi klub sepakbola Eropa pertama yang disuplai oleh Warrior. Perusahaan asal Amerika ini memang tengah giat melakukan penetrasi ke pasar sepakbola setelah sebelumnya hanya fokus pada cabang hoki es.

4 dari 10

Manchester United

Manchester United

Supplier: Nike
Deal per tahun: 25,4 juta pound
Kontrak dimulai: 2002
Kontrak berakhir: 2015

Meski kontrak United dengan Nike belum berakhir, mereka dikabarkan tengah mengajukan proposal kenaikan deal jersey saat ini. Jika Nike menolak, maka United bisa jadi berpindah ke Warrior yang bersedia menjadikan membayar sangat mahal untuk menjadi supplier.

3 dari 10

Barcelona

Barcelona

Supplier: Nike
Deal per tahun: 27 juta pound
Kontrak dimulai: 1998 (diperbarui pada 2008)
Kontrak berakhir: 2018

Dalam beberapa tahun terakhir, Barca sangat aktif menggali dana dari berbagai sumber. Mereka akhirnya menjual ruang di bagian depan jersey mereka kepada Qatar Foundation.

2 dari 10

Arsenal

Arsenal

Supplier: Puma
Deal per tahun: 30 juta pound
Kontrak dimulai: 2014
Kontrak berakhir: 2020

Arsenal yang sebelumnya hanya menerima 8 juta pound dari Nike berhasil mendapatkan peningkatan cukup signifikan. Deal baru mereka dengan Puma meningkatkan pendapatan klub dari sektor ini hingga nyaris empat kali lipat.

1 dari 10

Real Madrid

Real Madrid

Supplier: Adidas
Deal per tahun: 31 juta pound
Kontrak dimulai: 1998 (diperbarui pada 2012)
Kontrak berakhir: 2020

Madrid setara dalam hal penjualan jersey dengan United. mereka adalah klub yang paling sukses menjual jersey resmi dengan angka penjualan mencapai 1,4 juta jersey per tahun.