FOLLOW US:

Hari Ini 17 Tahun Lalu, Cristiano Ronaldo Cetak Gol Profesional Pertamanya

Selasa, 08-10-2019 09:42

 | Afdholud Dzikry

Hari Ini 17 Tahun Lalu, Cristiano Ronaldo Cetak Gol Profesional Pertamanya
Cristiano Ronaldo saat bermain untuk Portugal © AP Photo

Cristiano Ronaldo selama bertahun-tahun ini telah banyak diklaim sebagai pemain terbaik di dunia. Bersama Lionel Messi, persaingan kedua pemain untuk status yang terbaik selalu terjadi hampir di satu dekade ke belakang.

Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa talenta besar Ronaldo telah tercium sejak ia masih bermain di tim Sporting U-16. Bersama tim asal Portugal tersebut, Ronaldo muda menempa potensinya sebelum dimatangkan oleh Sir Alex Ferguson ketika merekrutnya ke Manchester United.

Nah baru-baru ini, Sporting Lisbon, klub profesional pertama Ronaldo, merilis sebuah cuplikan video ketika Ronaldo muda mencetak gol di debutnya bersama tim utama Sporting.

Penasaran seperti apa gol Cristiano Ronaldo di pertandingan debutnya bersama tim utama Sporting?

1 dari 2

Debut dan Langsung Cetak Gol

Pada usia 16 tahun, Ronaldo dipromosikan dari tim akademi Sporting oleh pelatih tim utama Laszio Boloni. Promosi itu membuat Ronaldo menjadi pemain pertama yang bermain untuk klub kelompok umur U-16, U-17, Tim B, dan tim utama dalam satu musim yang sama.

Pada 7 Oktober 2002, Ronaldo melakukan debut untuk Sporting di liga. Melawan Moreirense, Ronaldo hanya butuh waktu 34 menit untuk mencetak gol pertama sebagai pemain sepak bola profesional.

Pada pertandingan itu sendiri, Ronaldo mencetak dua gol dan Sporting menang dengan skor telak tiga gol tanpa balas.

2 dari 2

Bergelimang Prestasi

Dwigol yang Ronaldo cetak ke gawang Moreirense itu menjadi awal dari ratusan gol-gol lain yang datang setelahnya. Bukan hanya gol, selama karir sepak bolanya Cristiano Ronaldo juga menjadi salah satu pemain paling sukses dalam sejarah.

Bagaimana tidak, di setiap klub yang ia bela, Ronaldo selalu mampu mencatatkan setidaknya satu gelar dalam curriculum vitae-nya. Bersama Sporting, ia membantu klub meraih gelar Supertava Csndido de Oliveira atau Piala Super Portugal pada 2002.

Setelah pindah ke Manchester United di tahun berikutnya, Ronaldo dan timnya juga tak berhenti menorehkan prestasi. Di Old Trafford, Ronaldo meraih tiga gelar Premier League, satu gelar Piala FA, dua gelar Piala Liga, satu trofi Community Shield, satu trofi Liga Champions, dan satu trofi Piala Dunia Antarklub.

Pada 2009, Ronaldo pindah ke Real Madrid. Di klub ibukota Spanyol itu, Ronaldo dua kali merasakan gelar La Ligam, dua trofi Copa del Rey, dua trofi Supercopa de Espana, empat trofi Liga Champions, dua Piala Super Eropa, dan tiga trofi Piala Dunia Antarklub.

Prestasi dan gelar juga terus mengikuti Ronaldo ketika memutuskan pindah ke Juventus pada musim panas 2018 lalu. Bersama Juventus, Ronaldo meraih gelar Serie A dan Supercopaa Italiana.

Torehan prestasi itu semakin lengkap setelah Cristiano Ronaldo membawa Portugal memenangkan Euro 2016 lalu. Menyusul kemudian meraih trofi UEFA Nations League 2018-2019 beberapa waktu lalu.