3 Kakak-Adik Turun di MotoGP, Brad Binder Ingin Darryn Binder Segera Menyusul

Anindhya Danartikanya | 29 Desember 2020 13:50
Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder (c) KTM/Polarity Photo

Bola.net - MotoGP 2021 akan diikuti oleh tiga kakak beradik sekaligus, yakni Marc dan Alex Marquez, Valentino Rossi dan Luca Marini, serta Aleix dan Pol Espargaro. Brad Binder, yang akan menjalani tahun keduanya di Red Bull KTM Factory Racing, berharap sang adik, Darryn Binder juga segera menyusul.

Brad dan Darryn yang usianya terpaut tiga tahun, pernah jadi rival ketika sama-sama turun di Moto3 pada 2015 dan 2016. Namun, setelah jadi juara dunia, Brad naik ke Moto2 pada 2017. Usai jadi runner up Moto2 2019, ia pun naik ke MotoGP dan sukses mencuri perhatian lewat kemenangan di Ceko.

Darryn sendiri saat ini masih turun di Moto3, dan 2021 akan jadi musimnya yang ketujuh di kelas ini. Tahun depan, ia akan bergabung dengan tim bergengsi Petronas Sprinta Racing, dan rider 22 tahun ini diharapkan jadi kandidat juara dunia agar segera naik ke Moto2 dan lalu ke MotoGP.

1 dari 3 halaman

Bakal Keren Kalau Darryn Binder Menyusul

Brad Binder dan Darryn Binder (c) KTM/Polarity Photo, AP Photo

"Bakal sangat keren jika Darryn juga bisa naik ke MotoGP. Ia mulai menunjukkan progres positif, dan jika perkembangannya terus berlanjut seperti ini, maka mungkin kami akan bertemu lagi di trek yang sama dalam beberapa tahun lagi. Saya sih berharap begitu," ujar Brad kepada Speedweek, Senin (28/12/2020).

"Kadang kami bicara soal strategi balap dan pendekatan pada lap-lap terakhir. Tapi pada intinya ia harus menggali pengalaman sendiri. Apa yang saya sarankan padanya jelas tak selalu berarti jitu dan benar. Setiap situasi punya cara unik sendiri untuk dihadapi," lanjutnya.

Meski talenta alaminya diakui banyak orang seperti sang kakak, Darryn punya reputasi yang cukup negatif di Moto3 karena kerap kecelakaan saat bertarung di posisi depan hingga tak kunjung menang. Namun, pada balapannya yang ke-93 di Catalunya, 'Daz' akhirnya sukses mengakhiri penantian panjang itu.

2 dari 3 halaman

Senang Lihat Progres Positif Sang Adik

Brad dan Darryn Binder (c) MotoGP.com

"Kami memang harus menunggu sangat lama, tapi saya sangat bahagia akhirnya berhasil. Sebelum balapan, saya bilang pada kakak bahwa saya bisa menang. Saya sangat yakin. Saya tak melakukan kesalahan apa pun, berkendara dengan bersih. Saya merasa sangat cepat, jadi saya bertahan di depan. Semua jadi sempurna," ujar Darryn.

Melihat kemajuan yang baik ini, Brad pun sangat berharap adiknya bisa membuktikan diri lebih jauh pada 2021, hingga bisa segera menyusul ke MotoGP setidaknya pada 2023, yakni usai turun di Moto2 lebih dahulu. Ia juga ingin Darryn mengurangi agresi pada gaya balapnya.

"Kami punya karakter yang sangat berbeda. Darryn sungguh 'monster' dalam balapan. Saya berharap ia bisa memperlakukan saya lebih halus ketimbang rider lain jika ia benar-benar naik ke MotoGP suatu saat nanti," pungkas Brad, yang musim depan akan kembali bertandem dengan sahabatnya, Miguel Oliveira.

Sumber: Speedweek

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR