FOLLOW US:


Alasan Perjuangan Fabio Quartararo di MotoGP Jerez Patut Disebut Aksi Heroik

03-05-2021 13:06

 | Anindhya Danartikanya

Alasan Perjuangan Fabio Quartararo di MotoGP Jerez Patut Disebut Aksi Heroik
Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo © Yamaha MotoGP

Bola.net - Start dari pole dan punya ritme yang sangat cepat dan konsisten pada sesi FP4, Fabio Quartararo langsung jadi unggulan utama dalam balapan MotoGP Jerez, Spanyol, Minggu (2/5/2021). Sayangnya, harapannya mencetak hattrick sirna begitu saja akibat cedera arm pump pada lengan kanannya yang tahu-tahu kambuh.

Quartararo memang sempat turun di posisi keempat pada lap pembuka, namun ia mengambil alih pimpinan balap dari sang sahabat, Jack Miller, pada Lap 4. Sejak itu, ia melenggang mencetak margin lebih dari sedetik, ritmenya sangat cepat dan konsisten, bahkan mencatat waktu tercepat pada Lap 8 dengan 1 menit 37,770 detik.

Banyak orang sempat meyakini bahwa kegagalan El Diablo meraih kemenangan di Jerez diakibatkan masalah ban. Namun, fakta-fakta di atas membuktikan bahwa keterpurukannya bukan disebabkan manajemen ban yang buruk. Tanpa disangka-sangka, penyebab utamanya adalah cedera arm pump yang kembali menghantui.

Quartararo sempat mengalami cedera ini pada 2019, dan telah menjalani operasi usai balapan di Mugello. Uniknya, 12 hari kemudian, meski kondisi fisiknya tak 100% bugar, ia mampu merebut podium perdananya di MotoGP dengan finis kedua di Catalunya. Sejak itu, ia tak pernah lagi mengalaminya sampai Seri Portimao, tahun lalu.

1 dari 3

Kondisi Tubuh Terlihat Lemah Saat Tiba di Garasi

View this post on Instagram

A post shared by MotoGP (@motogp)

Cedera ini pun datang dan pergi, namun dalam video behind the scene usai kemenangannya di Seri Doha pada awal April, Quartararo sempat terekam mengaku kepada Johann Zarco dan Jorge Martin bahwa lengan kanannya kesakitan sepanjang balapan akibat tendinitis. Saat di parc ferme, lengan kanannya juga terlihat bengkak.

Uniknya, cedera ini tak muncul saat ia meraih kemenangan di Portimao dua pekan lalu. Ia juga mengaku biasanya sama sekali tak mengalami masalah fisik di Jerez, terbukti dari dua kemenangannya tahun lalu. Atas alasan ini, Quartararo mengaku bingung arm pump-nya kambuh lagi pada Lap 14, hingga ia tersalip lagi oleh Miller.

Usai finis, kamera pada dasbor YZR-M1 milik Quartararo memperlihatkan ekspresi wajah yang menunjukkan dirinya kesakitan. Ia sesekali terlihat memegangi lengannya, yang terpaksa tetap membuka gas demi bisa kembali ke garasi sambil membawa motornya. Sesampainya di garasi, ia juga terlihat berjalan sempoyongan demi duduk di kursi.

Meski hasil finis ke-13 sangat jauh dari kata ideal, perjuangan Quartararo ini patut disebut sebagai aksi heroik. Rider berusia 22 tahun ini punya pilihan untuk berhenti balapan dan kembali ke garasi sekalinya sadar lengannya bermasalah. Namun, kenyataannya ia tetap berjuang untuk finis, demi memperebutkan poin yang tersisa.

2 dari 3

Tetap Berjuang Finis karena Tiap Poin Berharga

Tetap Berjuang Finis karena Tiap Poin Berharga
Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo © Yamaha MotoGP

"Kami punya ritme yang menakjubkan, tapi lalu saya tak punya kekuatan pada lengan. Saya sungguh kecewa. Tapi saya berjuang sampai akhir, meski hanya demi tiga poin. Sungguh tak ada tenaga. Saya pun masih bertarung selama enam lap berikutnya sambil kesakitan, demi menjaga margin sedetik," ujarnya kepada Crash.net.

"Tapi akhirnya mustahil. Paruh kedua balapan sungguh berbahaya, namun saya tak mau berhenti karena saya tahu mungkin 1-2 poin akan sangat berharga. Jadi, saya tetap mengerahkan segalanya," lanjut Quartararo, yang kini duduk di peringkat kedua pada klasemen dengan 64 poin, tertinggal dua poin dari Pecco Bagnaia.

Saat ini, Quartararo belum memutuskan langkah medis apa yang harus ia jalani demi menghindari cedera arm pump-nya kambuh lagi. Namun, mengingat Seri Le Mans, Prancis, akan digelar dua pekan lagi, ia harus mengambil keputusan penting dalam waktu dekat. Operasi kedua pun tampaknya semakin jadi opsi yang nyata.

Di lain sisi, mengingat cedera ini membuatnya sangat kesakitan, Quartararo terancam harus absen dalam uji coba pascabalap di Jerez pada Senin (3/5/2021). Meski begitu, belum ada pernyataan resmi dari Monster Energy Yamaha.

3 dari 3

Video: 5 Pembalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP