FOLLOW US:


Alex Marquez Akui Kelelahan Jalani Uji Coba MotoGP Valencia

22-11-2019 12:20

 | Anindhya Danartikanya

Alex Marquez Akui Kelelahan Jalani Uji Coba MotoGP Valencia
Pebalap Repsol Honda, Alex Marquez © HRC

Bola.net - Pebalap baru Repsol Honda, Alex Marquez, mengaku sempat kelelahan pada hari kedua uji coba pascamusim MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, pada Rabu (20/11/2019), di mana ia mencatat waktu terbaik ke-20, tertinggal 2,386 detik dari Maverick Vinales.

Dalam uji coba kali ini, ia belum menjajal RC213V 2020, melainkan versi 2019 milik Cal Crutchlow. Ia juga masih bekerja dengan kru Takaaki Nakagami di LCR Honda. Pada hari kedua, ia menjadi rider dengan lap terbanyak, yakni 79 lap, dan ini sangat penting untuk proses adaptasi.

"Kami mengalami kemajuan dibanding hari pertama, di tiap lap saya makin paham motor ini. Pada beberapa area, saya masih harus lebih baik lagi, tapi ini uji coba solid, banyak lap. Saya sangat menikmatinya, dan yang penting fokus memperbaiki ritme balap," ujarnya via Crash.net.

1 dari 2

Pahami Latihan Fisik yang Diperlukan

Mengingat naiknya Marquez ke MotoGP terjadi secara mendadak usai Jorge Lorenzo mengumumkan keputusan pensiunnya pada akhir musim ini, rider berusia 23 tahun itu tak punya persiapan fisik yang cukup matang menjelang debutnya di atas motor MotoGP.

Alhasil, juara dunia Moto3 2014 dan Moto2 2019 ini sempat kelelahan saat sesi berakhir. Meski begitu, peristiwa ini membuat Marquez jadi memahami latihan macam apa yang harus ia lakukan sepanjang musim dingin untuk memperbaiki kebugaran fisiknya tahun depan.

2 dari 2

Latihan Sepanjang Musim Dingin

"Pada akhir sesi saya agak kelelahan, jadi saya paham apa yang harus dikerjakan selama musim dingin untuk fisik dan gaya balap saya. Selain itu, tiap mengendarai motor baru, Anda bakal agak kaku. Jika kaku, Anda menghabiskan lebih banyak energi, jadi saya harus lebih 'mengalir'," tutupnya.

Marquez akan kembali turun lintasan dalam uji coba pascamusim kedua di Sirkuit Jerez pada 25-26 November. Dalam uji coba itu, ia akan bergabung dengan Repsol Honda, bekerja dengan kru yang ditinggalkan Lorenzo.