Alex Marquez: Marc Hanya Akan Beri Sedikit Tips di MotoGP

Anindhya Danartikanya | 5 Desember 2019 11:50
Alex Marquez: Marc Hanya Akan Beri Sedikit Tips di MotoGP
Pebalap Repsol Honda, Alex Marquez (c) HRC

Bola.net - Pebalap Repsol Honda, Alex Marquez, mengaku sangat siap menghadapi segala tantangan dalam musim debutnya di MotoGP 2020, meski ia yakin takkan mudah. Hal ini ia sampaikan dalam wawancaranya dengan Diario AS di sela even Estrella Galicia 0,0 pada Rabu (4/12/2019).

Marquez, yang merupakan juara dunia Moto3 2014 dan Moto2 2019, secara mengejutkan harus naik ke MotoGP usai Jorge Lorenzo mendadak memutuskan pensiun akhir musim ini. Meski mengakui situasi ini agak canggung, Marquez langsung menerima tawaran tersebut.

"Naik ke MotoGP secara mendadak memang aneh dan tak terduga, tapi ini konsekuensi jadi juara dunia Moto2. Kesempatan ini datang dan saya menerimanya. Emilio (Alzamora, sang manajer) bilang ini akan jadi tantangan berat, tapi saya harus menghadapinya," tutur El Pistolas.

1 dari 2 halaman

RCV 2014 vs 2019

RCV 2014 vs 2019

Alex dan Marc Marquez di uji coba MotoGP Valencia 2014. (c) MotoGP

Marquez pun sudah menjalani debutnya di atas motor MotoGP dalam uji coba pascamusim Valencia dan Jerez, Spanyol, bulan lalu. Uniknya, ini bukan pertama kali Marquez mengendarai RC213V. Ia pernah menjajal RCV versi 2014 di Valencia usai merebut gelar Moto3.

"Motor itu membawa saya ke mana pun saya mau. Honda bilang jika saya jadi juara dunia Moto3, mereka akan memberi saya kesempatan menjajal motor kakak saya. Itu dua hari yang menyenangkan: pertama dapat gelar dunia, kedua mengendarai motor itu," ungkapnya.

Meski begitu, Marquez lebih menyukai RCV 2019. "Saya lebih suka motor ini, karena benar-benar motor saya sendiri. Saya bisa berkendara dua kali dengan Marc (Marquez, sang kakak), di Valencia dan Jerez. Saya harus menyesuaikan diri, tapi motor itu sudah jadi milik saya," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Sudah Cepat di Tikungan

Di lain sisi, Marquez mengakui ia harus sedikit mandiri dalam beradaptasi di MotoGP, mengingat kakaknya adalah tandemnya sendiri, dan mereka akan menjadi rival di lintasan. Hal ini ia nyatakan usai menjenguk kakaknya yang baru-baru ini menjalani operasi bahu kanan.

"Bahu Marc kali ini tak terlalu parah seperti tahun lalu, meski pemulihannya butuh waktu yang sama panjangnya. Saya coba memberinya beberapa hadiah, tapi ia bilang bahwa ia hanya akan memberitahu sedikit tips karena ia melihat saya sudah cepat di tikungan," tutupnya.

Para debutan MotoGP kini diperbolehkan turun dalam uji coba pramusim shakedown, yang berarti Marquez kemungkinan akan turun di uji coba Sepang, Malaysia, pada 2-4 Februari, yang kemudian dilanjutkan dengan rider MotoGP senior lainnya pada 7-9 Februari.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR