FOLLOW US:


Bikin Heran, Maverick Vinales Pindah ke Qatar demi Fokus Latihan

04-12-2019 15:10

 | Anindhya Danartikanya

Bikin Heran, Maverick Vinales Pindah ke Qatar demi Fokus Latihan
Pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales © Yamaha

Bola.net - Ketika para rider MotoGP memilih tinggal di Eropa, terutama Spanyol, Andorra, dan Italia, Maverick Vinales baru-baru ini justru pindah ke Doha, Qatar. Hal ini ia sampaikan kepada Pecino GP. Vinales mengaku keputusan ini ia ambil berdasar pemikiran matang.

Vinales yang berasal dari Girona, Spanyol, beberapa tahun belakangan memang tinggal di Andorra, dan kerap berlatih bersama para rider MotoGP lainnya. Meski begitu, pada tengah tahun ini, tanpa meninggalkan Andorra sepenuhnya, Top Gun memilih juga tinggal di Doha.

"Menurut saya sangat penting menemukan situasi terbaik bagi diri saya sendiri. Saya yakin pada titik ini saya harus mengalami kemajuan fisik dan mental. Pada pekan balap MotoGP Qatar awal musim ini, saya lihat fasilitas Qatar Motorsports Academy dan saya terkesan," ujarnya.

1 dari 2

Sudah Sempat Latihan di Qatar

Vinales mengaku pengelola sirkuit memberinya tawaran untuk berlatih menggunakan fasilitas mereka kapan pun ia mau. Usai menjalani balapan di Thailand, pada Oktober, ia bahkan sempat tinggal di Doha selama dua pekan, mengajak rider Moto2, Jorge Martin untuk ikut serta.

"Saya memang mencari kesempatan berkendara pada musim dingin, karena di Eropa biasanya kami latihan di arena indoor. Jadi saya putuskan pindah ke Doha saat Andorra ditutupi salju," ungkap Vinales, yang sudah berlatih dengan para pelatih Qatar Motorsports Academy.

2 dari 2

Tak Masalahkan Level Performa Para Rider Qatar

Vinales juga menyatakan bahwa Qatar memiliki banyak pebalap motor berkualitas dan berpengalaman yang telah membantunya untuk berlatih. Meski para rider ini tak punya performa yang setinggi para rider MotoGP, Vinales mengaku tak terlalu mempermasalahkannya.

"Kita semua tak sempurna, bisa memperbaiki diri setiap hari. Saya juga bekerja sama dengan Aspira Academy, akademi latihan yang penuh teknologi dan punya fasilitas menakjubkan. Saya rasa bersama mereka saya bisa meningkatkan kualitas fisik dan mental saya," tutupnya.

Vinales yang memuncaki daftar catatan waktu uji coba pascamusim di Valencia dan Jerez, Spanyol, akan kembali turun lintasan dalam uji coba pramusim di Sepang, Malaysia, pada 7-9 Februari 2020.