FOLLOW US:


Alex Rins Coba Balapan di MotoGP Jerman Usai Cedera Tangan

17-06-2021 10:22

 | Anindhya Danartikanya

Alex Rins Coba Balapan di MotoGP Jerman Usai Cedera Tangan
Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins © Suzuki Ecstar

Bola.net - Usai absen dari MotoGP Catalunya akibat cedera pergelangan tangan kanan, Alex Rins akan hadir di MotoGP Jerman pada 18-20 Juni dan coba balapan. Hal ini diumumkan secara resmi oleh Suzuki Ecstar pada Rabu (16/6/2021), usai Rins menjalani beberapa pemeriksaan medis di Barcelona sebelum bertolak ke Sachsenring.

Seperti yang diketahui, musim ini Rins empat kali gagal meraih poin secara beruntun, tiga di antaranya ia bahkan gagal finis, termasuk di Mugello. Bertekad bangkit di Catalunya, ia justru mengalami kecelakaan saat berlatih sepeda di sirkuit pada Kamis (3/6/2021) hingga retak tulang pergelangan tangan kanan. Alhasil, ia harus absen.

Ia pun segera menjalani operasi sehari setelah insiden, dan menghabiskan waktu di garasi Suzuki sepanjang akhir pekan tanpa bisa mengendarai motornya. Dalam uji coba pascabalap, ia juga digantikan oleh sang test rider, Sylvain Guintoli. Rider Spanyol ini pun sudah berusaha keras untuk pulih demi turun di Seri Jerman.

1 dari 3

Masih Butuh Fisioterapi

Masih Butuh Fisioterapi
Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins © Suzuki Racing

Pada Rabu pagi, Rins menemui dr. Xavier Mir di Rumah Sakit Universitas Dexeus untuk menjalani pemeriksaan. Benang jahitannya pun sudah dilepas, dan ia dapat lampu hijau untuk turun di Sachsenring. Meski begitu, ia masih butuh fisioterapi karena masih kesakitan dan akan menjalani satu tes medis lagi pada Kamis (17/6/2021) di sirkuit.

"Saya menemui dr. Mir untuk beberapa pemeriksaan dan saya merasa cukup oke. Beliau melepas benang jahitan dan tampaknya tulang saya sudah tersambung. Saya masih kesakitan saat menggerakkan pergelangan tangan, jadi saya akan coba pulih dalam beberapa hari. Bagaimanapun, saya akan coba mengerahkan segalanya," ujar Rins.

2 dari 3

Tak Pernah Dapat Poin di Sachsenring

Meski belum pulih benar, Rins pun bersemangat balapan di Sachsenring. Pasalnya, sejak debutnya di MotoGP pada 2017, ia belum pernah meraih satu poin pun di trek ini. Pada 2017, ia hanya finis ke-21, dan gagal finis pada 2018 dan 2019. Tahun lalu, trek ini absen dari kalender balap akibat Covid-19.

"Kami tak balapan di Sachsenring tahun lalu, jadi saya sangat tak sabar kembali turun lintasan di Jerman. Saya sangat senang bisa kembali berkumpul dengan tim saya. Saya sudah tak sabar kembali bertemu dengan mereka untuk balapan dengan motor GSX-RR saya," ungkap pembalap berusia 25 tahun ini.

Sumber: Suzuki Racing

3 dari 3

Video: 5 Pembalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP