FOLLOW US:


Andrea Dovizioso Beber Kronologi Kecelakaan Motocross, Pandangan Sempat Kabur

29-06-2020 15:30
Andrea Dovizioso Beber Kronologi Kecelakaan Motocross, Pandangan Sempat Kabur
Pebalap Ducati Team, Andrea Dovizioso © Ducati

Bola.net - Pebalap Ducati Team MotoGP, Andrea Dovizioso, yang saat ini dirundung cedera patah tulang bahu kiri, membeberkan kronologi kecelakaan hebat yang ia alami saat turun dalam balapan kejuaraan motocross regional Monte Coralli di Faenza, Italia, pada Minggu (28/6/2020).

Partisipasi Dovizioso seudah terendus media sejak awal Juni, dan Ducati pun mengaku memang sengaja memberi izin kepada 'Dovi' untuk turun di balapan tersebut, agar ia bisa kembali mempertajam insting bersaing karena sudah tak balapan lagi sejak MotoGP Valencia 2019.

Usai kecelakaan, Dovizioso pun dilarikan ke rumah sakit yang ada di kota tempat tinggalnya, Forli, dan bersama sang dokter, Profesor Giuseppe Porcellini, tiga kali runner up MotoGP itu pun memutuskan untuk langsung menjalani operasi pada malam itu juga.

1 dari 3

Salah Mendarat usai Melompat

View this post on Instagram

A post shared by Andrea Dovizioso (@andreadovizioso) on

"Saya mendarat setelah melewati gundukan, dan ban belakang saya selip di atas bagian trek yang licin sebelum ban depan saya terkunci. Saya pun mengalami highside dan terjatuh keras dengan bahu menyentuh tanah lebih dulu," ujar Dovizioso via La Gazzetta dello Sport seperti yang dikutip Corsedimoto, Senin (29/6/2020).

Rider Italia ini pun mengaku sempat cemas tulang belikat kirinya patah, namun ternyata justru tulang bahunya yang terkena dampak paling parah. "Awalnya saya pikir tulang belikat saya yang patah, lalu saya mulai merasakan sakit luar biasa pada bagian depan tulang bahu," kisahnya.

2 dari 3

Bantah Kelewat Ngotot Tampil Baik

Dovizioso, yang dikenal sebagai salah satu rider MotoGP yang paling andal di arena motocross, juga membantah dirinya mengambil risiko kelewat tinggi demi meraih hasil baik dalam balapan tersebut. "Ritme para rider papan atas jauh lebih cepat daripada saya," ungkapnya.

Rider berusia 34 tahun ini juga menyatakan bahwa kecelakaan itu berdampak pula pada penglihatannya usai kepalanya terbentur tanah. "Selama beberapa detik pandangan saya sempat kabur," pungkas juara dunia GP125 2004 ini.

Kini Dovizioso punya waktu tiga pekan untuk pemulihan, sebelum turun dalam seri pertama MotoGP 2020 yang digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 17-19 Juli mendatang, yang didahului oleh sesi uji coba tambahan pada 15 Juli.

3 dari 3

Video: Pembangunan Sirkuit MotoGP Indonesia 2021 di Mandalika