FOLLOW US:


Patah Tulang Bahu, Dovizioso Anggap Motocross Penting untuk MotoGP

29-06-2020 12:10
Patah Tulang Bahu, Dovizioso Anggap Motocross Penting untuk MotoGP
Andrea Dovizioso dengan replika Ducati Panigale V4 R dari 15.000 LEGO. © Ducati

Bola.net - Pebalap Ducati Team, Andrea Dovizioso, menyatakan latihan motocross sangat penting untuk menjaga performa di MotoGP. Hal ini ia sampaikan via Sky Sports, hanya beberapa jam sebelum kecelakaan dalam balapan di kejuaraan motocross regional Monte Coralli di Faenza, Italia, Minggu (28/6/2020).

Partisipasi Dovizioso dalam balapan tersebut sudah terendus media massa sejak awal Juni, dan Ducati pun mengonfirmasi hal tersebut dan menyatakan bahwa mereka memang sengaja memberi izin kepada 'Dovi' demi kembali mempertajam insting bersaingnya karena sudah tak balapan lagi sejak MotoGP Valencia 2019.

Motocross sejatinya bukan ranah asing bagi Dovizioso. Sebelum turun di ajang road race, ia berkecimpung di disiplin balap tersebut. Turun di MotoGP, ia pun menggunakan motocross sebagai salah satu metode latihannya, dan makin intensif selama beberapa tahun terakhir.

1 dari 3

Ducati Pahami Pentingnya Motocross

View this post on Instagram

A post shared by Andrea Dovizioso (@andreadovizioso) on

"Ducati memahami betapa bergunanya balapan ini untuk saya: bagaimana motocross membantu saya melaju lebih cepat pada tahap-tahap awal balapan, yang juga sangat bermanfaat dari perspektif MotoGP. Sejak saya mulai berlatih dengan metode ini, saya melihat hasilnya," ujarnya seperti yang dikutip GPOne.

Dovizioso pun menyatakan, fakta bahwa balapan tersebut diikuti oleh banyak crosser Italia bertalenta, membuatnya yakin bakal dapat banyak manfaat. "Di kejuaraan ini, kami menghadapi para rider terbaik dari dunia motocross Italia, jadi ini jelas sangat berguna untuk banyak hal," lanjutnya.

Motocross, beserta kemauannya untuk berkonsultasi dengan psikolog olahraga, diyakini Dovizioso sebagai salah salah satu kunci penting dalam kesuksesannya menduduki peringkat runner up selama tiga musim terakhir. Ia pun menyatakan detail-detail kecil akan selalu berguna bagi performanya.

2 dari 3

Makin Pahami Dinamika Kehidupan

"Hasil baik datang berkat banyak hal. Tahun 2017 adalah tahun penting karena saya mengalami evolusi personal, baik di garasi maupun di atas motor. Saya jadi memahami banyak dinamika kehidupan yang membantu saya mengendalikan situasi tertentu," ungkapnya.

"Saat Anda berada di level maksimal, hal-hal detail bisa menciptakan situasi berbeda, dan sejak itu saya tak pernah menoleh ke belakang. Bakal jadi terlalu mudah jika perubahan ini hanya datang dari saya," pungkas juara dunia GP125 2004 ini.

Dovizioso, yang mengalami cedera patah tulang bahu kiri akibat kecelakaan tersebut dan langsung menjalani operasi, diperkirakan akan pulih pada seri pertama MotoGP 2020 yang digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 17-19 Juli mendatang.

3 dari 3

Video: 5 Pebalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP