FOLLOW US:


KTM: Danilo Petrucci Bagai Cinta pada Pandangan Pertama

29-06-2020 14:50

 | Anindhya Danartikanya

KTM: Danilo Petrucci Bagai Cinta pada Pandangan Pertama
Pebalap Mission Winnow Ducati, Danilo Petrucci © Ducati

Bola.net - Direktur Motorsport KTM, Pit Beirer, menyatakan pihaknya bagaikan jatuh cinta pada pandangan pertama saat mendengar Danilo Petrucci terdepak dari Ducati Team akhir musim nanti. Kepada Speedweek, Sabtu (27/6/2020), Beirer mengaku yakin pengalaman Petrucci akan sangat berguna di MotoGP 2021 nanti.

KTM diketahui terpaksa merombak susunan pebalapnya untuk 2021 setelah Pol Espargaro memilih hengkang. Usai pemikiran panjang, mereka akhirnya menyomot Miguel Oliveira dari Red Bull KTM Tech 3 untuk diturunkan di Red Bull KTM Factory Racing. Sebagai pengganti Oliveira, Tech 3 pun mendapatkan Petrucci.

"Mencari pengganti Pol sangat sulit. Dalam situasi macam ini, biasana Anda menilai berdasar hasil balapan-balapan terakhir. Tapi mengingat belum ada aksi di lintasan selama berbulan-bulan dan kami tak melihat hal baru, maka kami harus mendengar kata hati dan mengingat prestasi para rider pada 2019," ungkap Beirer.

1 dari 3

Ternyata Petrucci Pelanggan Setia KTM dan Husqvarna

Ternyata Petrucci Pelanggan Setia KTM dan Husqvarna
Direktur Motorsport KTM, Pit Beirer (kiri) dan Vice President Onroad KTM, Mike Leitner (kanan). © KTM

Petrucci sendiri telah mengungkapkan pendepakannya dari Ducati Team tak lama usai tim Italia itu mengumumkan bergabungnya Jack Miller. Ia sempat dikabarkan merapat ke Aprilia, namun kunjungannya ke markas KTM di Austria pada Rabu (17/6/2020) lalu mengubah segalanya.

Beirer pun mengaku langsung kagum saat melakukan pembicaraan dengan Petrucci kala itu. "Saat bicara dengan Danilo, kami menyadari ia adalah orang yang sangat baik. Kami tentu sangat senang saat tahu ia membeli setidaknya 11 motor offroad dari KTM dan Husqvarna selama beberapa tahun terakhir," ujarnya.

"Yang lebih penting lagi, ia adalah rider MotoGP yang berpengalaman dan pernah merebut satu kemenangan. Anda tentu tidak memenangi balapan MotoGP karena kebetulan. Ia adalah salah satu dari sedikit rider yang mampu bertarung di level tertinggi," lanjut Beirer.

2 dari 3

Yakin Petrucci Cocok dengan Motor RC16

Beirer pun menyatakan bahwa Petrucci ternyata sudah tahu sejak lama bahwa tempatnya akan diambil alih Miller pada 2021 mendatang, dan langsung mencari tim lain untuk dibela. Atas alasan inilah proses negosiasinya dengan KTM berjalan singkat, mudah, dan lancar.

"Danilo begitu awal tahu ia tak lagi dapat tempat di timnya. Pada saat yang sama, kami mendapatkan rider top baru. Dari sudut pandang ini, Danilo bagaikan cinta pada pandangan pertama. Kami butuh rider yang sangat cocok dengan motor yang 'brutal'. Danilo pun datang dari pabrikan dengan mesin yang konsepnya mirip," tutupnya.

Sebelum membela KTM musim depan, Petrucci akan kembali mengendarai motor Ducati Desmosedici GP20 miliknya pada seri perdana MotoGP 2020 yang digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 17-19 Juli mendatang, yang didahului oleh sesi uji coba tambahan pada 15 Juli.

3 dari 3

Video: 5 Pebalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP