FOLLOW US:


Bendera Indonesia Takkan Berkibar di Sirkuit Mandalika dalam Ajang MotoGP dan Superbike

19-10-2021 13:58

 | Yaumil Azis

Bendera Indonesia Takkan Berkibar di Sirkuit Mandalika dalam Ajang MotoGP dan Superbike
Area proyek pembangunan Sirkuit Mandalika. © MotoGP.com

Bola.net - Keberhasilan skuat bulu tangkis Indonesia menjuarai Piala Thomas 2020 ternodai oleh absennya bendera merah putih saat penyerahan piala. Hal ini disebabkan hukuman yang dijatuhkan Badan Anti-Doping Indonesia (WADA).

Sebagai gantinya, bendera Persatuan Bulutangkis Indonesia (PBSI) menggantikan Sang Saka Merah Putih ketika seremoni podium Piala Thomas 2020. Kini hal sama dipastikan terjadi saat Indonesia menjadi tuan rumah Superbike 2021 dan MotoGP 2022

Untuk diketahui, Sirkuit Jalan Raya Mandalika, Lombok bakal jadi tempat balapan World Superbike, 20-21 November dan MotoGP 2022, 18-20 Maret.

Hanya saja ketika diwawancara situs Crash.net, WADA telah mengkonfirmasi bendera Indonesia bukan hanya tidak boleh berkibar jika ada pembalap Tanah Air yang naik podium tapi juga pada semua rangkaian acara Superbike dan WADA.

Namun seperti prosesi podium Piala Thomas, WADA turut memastikan lagu Indonesia Raya tetap boleh berkumandang pada ajang Superbike dan MotoGP di Sirkuit Mandalika.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Komentar Juru Bicara WADA

Berikut komentar juru bicara WADA saat diwawancara Crash.net dan dipublikasi pada 15 Oktober lalu:

"(Vonis WADA) Konsekuensinya tidak berlaku untuk lagu kebangsaan."

"Terkait dengan bendera, konsekuensinya akan terbatas pada pengibaran bendera resmi oleh penyelenggara acara di tempat/arena/stadion di mana kejuaraan regional, kontinental atau dunia sedang berlangsung – apakah pengibaran itu selama durasi pertandingan, acara atau untuk bagian tertentu dari acara seperti medali, upacara pembukaan atau penutupan atau elemen protokol lainnya."

“Konsekuensi ini akan segera berlaku untuk setiap atlet/pembalap dan/atau tim Thailand/Indonesia yang berpartisipasi dalam salah satu kejuaraan yang disebutkan di atas yang berlangsung."

2 dari 2

Merugikan

Keputusan WADA tentu sekali lagi merugikan buat Indonesia. Apalagi untuk balapan Superbike di Sirkuit Mandalika bulan November, ada pembalap Tanah Air yang ikut serta.

Sosoknya adalah Galang Hendra Pratama yang mengikuti Kejuaraan Dunia Supersport. Jika pada balapan nanti, ia naik podium, dipastikan bendera Indonesia tidak bisa berkibar.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sendiri sedang berusaha menyelesaikan vonis yang dijatuhkan WADA kepada Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI). Kemenpora bahkan membuat tim khusus yang diketuai Raja Sapta Oktohari yang notabene Ketua Umum NOC Indonesia.

Disadur dari: Bola.com (Hendry Wibowo)

Diunggah pada: 19 Oktober 2021