Bos Honda Puji Marc Marquez di Austin: Pegang Kendali Walau Kesulitan

Anindhya Danartikanya | 6 Oktober 2021 11:07
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Bola.net - Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, mengacungkan jempol kepada Marc Marquez, yang sukses merebut kemenangannya yang kedua musim ini dalam MotoGP Austin di Circuit of The Americas (COTA), Minggu (3/10/2021). Lewat situs resmi Honda Racing, Puig mengaku sangat puas atas hasil ini.

Marquez menjalani balapan ini dengan sempurna dan sesuai dengan strateginya. Start ketiga, ia langsung memimpin balapan sejak tikungan pertama, dan melenggang sampai finis. Ini adalah kemenangan ketujuh Marquez dalam delapan kali kunjungannya ke COTA, yang menggelar MotoGP sejak 2013.

Seperti diketahui, sejak 2013 pula Marquez berkuasa di sirkuit itu. Ia meraih pole beruntun kecuali tahun ini, saat kualifikasi dikuasai Pecco Bagnaia. Ia juga meraih kemenangan beruntun, kecuali pada 2019, saat ia gagal finis akibat terjatuh saat memimpin balapan. Kala itu, kemenangan jatuh ke tangan Alex Rins.

1 dari 2 halaman

Kemenangan Kedua dalam Musim yang Berat

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) AP Photo

"Kami menjalani uji coba yang sangat baik di Misano sebelum tiba di Texas, dan atas alasan ini tim dan para rider kami tiba dengan motivasi ekstra. Sirkuit ini sudah tradisi merupakan trek Honda. Kami sering menang di sini sejak 2013, kecuali saat Marc jatuh ketika memimpin," ujar Puig, yang absen dari balapan kali ini.

"Kami pun mengharapkan hasil baik pada Minggu, meski situasi tahun ini tak selalu mudah. Pada akhirnya, hasil yang diraih sangat menakjubkan, dan dicapai dengan sensasi ekstra spesial karena Marc bisa menang lagi di sini, dan ini merupakan kemenangannya yang kedua dalam musim yang sangat berat," lanjut Puig.

Pekan balap di COTA tak pelak salah satu yang berat bagi para rider MotoGP, bahkan tak terkecuali Marquez. Pasalnya, cuaca Austin pada Oktober lebih panas dari April. Tak hanya itu, aspalnya juga buruk karena bergeronjal dan Marquez belum pulih dari cedera lengan. Namun, ia mampu mengatasi semua kendala.

2 dari 2 halaman

Podium Ke-450 Repsol Honda di GP500/MotoGP

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) AP Photo

"Jujur saja, jika bicara soal pekan balap secara umum, kami mengalami beberapa masalah. Namun, Marc mampu mengendalikan dirinya dan menjinakkan motor dengan sangat baik. Ia benar-benar tahu apa yang harus ia lakukan dengan ban dan caranya berkendara. Kami sangat puas atas segala usahanya," tutur Puig.

Uniknya, kemenangan Marquez di COTA ini juga merupakan podium ke-450 bagi Repsol Honda di GP500/MotoGP. Puig pun mengaku sangat senang karena bisa merayakan angka spesial ini dengan kemenangan yang diraih sang delapan kali juara dunia, di trek yang istimewa bagi pabrikan asal Jepang tersebut.

"Ini prestasi yang sangat menakjubkan, dan menegaskan betapa hebatnya sejarah yang telah digores Repsol dan HRC bersama-sama. Menyenangkan bisa meraih 450 podium lewat kemenangan hebat di COTA. Ini kemenangan yang sangat penting bagi kami, dan merupakan langkah maju untuk balapan berikutnya," tutup Puig.

Sumber: Honda Racing Corporation

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR